oleh

Gubernur : Penanggulangan Bencana sesuai SOP BNPB

Clickadu


TANJUNGPANDAN – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman beserta istri tiba di Bandar Udara H.AS. Hanandjoeddin Belitung pukul 15.30 (18/07/2017). Erzaldi langsung melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait Tanggap Bencana Banjir yang terjadi di Pulau Belitung sejak 15 Juli lalu.
Koordinasi diantaranya dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, TNI dan Satgas dari Mabes POLRI serta beberapa Kepala Dinas terkait dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Koordinasi membahas tentang daerah terkena banjir yang akan ditinjau oleh Gubernur khususnya Belitung Timur, diantaranya Kecamatan Manggar, Desa Mempayak dan Kecamatan Gantung.
Pihak-pihak terkait sesuai Standart Operasional(SOP)nya telah dibentuk dibawah pimpinan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan bangka Belitung, Yan Megawandi bersama BNPB Pusat dan Provinsi.
Saat diwawancarai Erzaldi mengatakan, malam ini akan dituntaskan data terbaru atas kerusakan akibat banjir agar segera dilakukan tindak lanjut atas dampak kerusakan-kerusakan pasca banjir sesuai SOP BNPB. Akan tetapi lebih terfokus memberikan rasa aman dan nyaman bagi korban dan pendistribusian logistik.
“Saya tidak mau ada keterlambatan penanggulangan bencana di Belitung.” Ungkapnya
Di Posko Manggar pun diadakan pertemuan dengan Bupati Belitung Timur, ini bermaksud untuk memfokuskan data-data yang terupdateatas kebutuhan masyarakat, khususnya daerah-daerah yang terisolasi atau belum tersentuh seperti Kecamatan Gantung yang hingga malam ini masih tergenang air.
Untuk bantuan, Erzaldi menyampaikan bahwa Maskapai penerbangan Sriwijaya Air juga akan membantu pendistribusian Bantuan dari Jakarta, Palembang dan Pulau Bangka.
“Ada empat penerbangan dalam sehari khusus untuk membawa bantuan ke Belitung secara gratis.” Jelasnya.
Menurutnya untuk Pangkalpinang, bantuan cukup disampaikan ke Posko Sriwijaya di masjid Arrahman Kampung Dul Pangkalpinang atau dikediaman Gubernur.
“Masyarakat bisa menyampaikan bantuan ke Posko-posko ini dan besok akan didistribusikan ke Belitung dengan pesawat sriwijaya.” Ungkapnya.
Selain itu Erzaldi juga menyampaikan bahwa hari ini telah datang bantuan-bantuan seperti selimut, susu dan bahan makanan dari Gubernur Sumatera Selatan serta Sumsel juga membantu dua Helikopter yang stanby di Belitung.
“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Gubernur dan masyarakat Sumsel, semoga bermanfaat untuk masyarakat babel yang terkena Banjir.” Ungkap Erzaldi.
Erzaldi menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya akan berita di media sosial yang belum jelas kebenarannya, karena beberapa diantaranya belum tentu benar-benar terjadi di Belitung.
“Masyarakat jangan mudah percaya berita hoax.” Tegasnya.
Sumber: Dinas Kominfo Penulis: nonadp Fotografer: nonadp
Clickadu

Komentar

News Feed