oleh

HARI RAYA IDHUL ADHA, WARGA BELITUNG SEMBELIH HEWAN KURBAN

Clickadu


Hari Raya Idhul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia dimana pada hari tersebut didalamnya terdapat suatu kegiatan yakni penyembelihan hewan ternak (Kurban) dengan tujuan mendapatkan ridho Allah Swt. Sedangkan penyembelihan hewan ternak (kurban) secara etimologi berasal dari kata bahasa Arab, yakni Qaraba, Yaqrabu, Quban wa qurbanan wa qirbanan yang meliki arti dekat. Jadi, kurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya. 
Kurban dalam pengertian kita sehari-hari sebenarnya diambil dari kata udhhiyah yakni bentuk jama’ dari kata ”dhahiyyah” yaitu sembelihan pada waktu dhuha tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah. Dari sinilah muncul istilah ”Idul Adha”. Dengan demikian yang dimaksud dengan kurban atau udhhiyah adalah penyembelihan hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada hari raya Idul Adha dan tiga hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.
Kegiatan Penyembelihan hewan ternak ( Kurban ) di Wilayah Belitung dalam pantauan berjalan lancar,di beberapa desa antusias melaksanakannya, beberapa desa yang berhasil dikonfirmasi yaitu :
Desa Batu Buding melalui Sekdesnya Arpandi melaporkan bantuan dari Rebinmas 1 ekor sapi, ,dari Koperasi Plasma  Sumber Rezeki  1 ekor sapi,dari warga  1 ekor sapi jadi jumlah 3 ekor kemudian kambingnya 6 ekor sumbangan dari warga Desa Air Batu Buding.

Di Desa Buluh Tumbang melalui Kadesnya Hairil melaporkan bahwa sapi yang dikurbankan sebanyak 5 ekor dan kambingnya sebanyak 23 ekor.

Desa Dukong Tanjungpandan melalui kadesnya Zainal melaporkan 2 ekor sapi dan 17 ekor kambing.
Desa Air Merbau berdasarkan informasi dari warga hewan kurban 6 ekor sapi dari arisan warga dan 6 ekor kambing milik perorangan.

Dari Desa Badau melalui Kadesnya Hermawan melaporkan 6 ekor sapi dan 21 ekor kambing semua dari kelompok masyarakat Desa Badau.

Kemudian dari Desa Sungai Samak melalui Kadesnya Alek melaporkan 3 ekor sapi dan 10 ekor kambing ada dari pengusaha dan dari masyarakat desa Sungai Samak.

Dari Desa Kacang Botor melalui sekdesnya Edi melaporkan sapi kurban ada ada 12 ekor yaitu 1 ekor sapi sumbangan dari PT. AMA, 1ekor sapi dari PT.Rebinmasdan 10 ekor sapi milik masyarakat desa kacang botor, kambing kurban sekitar 4 ekor milik warga.
Kemudian dari Desa Pegantungan melalui kadesnya Ahid melaporkan sapi yang dikurbankan 1  ekor sumbangan dari Sdr. Abun,1 ekor lagi sumbangan dari  MMP PT. PLN Batam  5 ekor said an 7 ekor kambing adalah sumbangan dari warga ( Nahadi rengit,  Kel. Alm Sarkan,Darwis dan Sapari.
Dari Desa Sungai Padang melalui kadesnya Firdaus melaporkan ada 15 ekor kambing dari warga desa sungai padang, sedangkan sapinya ada 2 ekor yaitu 1 ekor didusum munsang dan 1 ekor di Masjid LDI sapi tersebut sapi warga sendiri.
Desa Mentigi berdasarkan informasi Kadesnya Hamdin sapi yang dikurbankan ada 9 ekor ( 2 ekor sapi sumbangan dari PT.Jabel Tri, 2 ekor sapi dari XL, 5 ekor sapi milik masyarakat Desa Mentigi.
Kemudian dari Desa Padang Kandis dilaporkan oleh kadesnya Mahyudin sapi ada 16 ekor dan 2 ekor kambing semua dari warga desa Paadang kandis.
Dari Desa juru sebrang melalui kadesnya Darsono melaporkan 6 ekor kambing semua dari warga Juru Seberang.
Dari Kades Simpang Pesak Suryanto Melaporkan sapi 1 ekor bantuan dari PT.timah, 1 ekor sapi dari Bank Sariah dan kambing  kurban kebanyakan dari masyarakat setempat dan dipotong di masjid masjid.
Clickadu

Komentar


Warning: sizeof(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u4853462/public_html/wp-content/plugins/ad-injection/ad-injection.php on line 824

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u4853462/public_html/wp-content/plugins/ad-injection/ad-injection.php on line 831

News Feed