oleh

LAMPU PLN PADAM DI BELITUNG, ALASANNYA SELALU KLASIK

Clickadu

Terkait dengan sering terjadinya pemadaman listrik belakangan ini, Reja Novian juru bicara Anjelo Brodhers Clup, memperertanyakan soal statemen manager PLN yang menyatakan pasukan listrik dipulau Belitung surplus listrik.

Reza Novian

“kalau hitungan diatas kertas, memang listrik dipulau Belitung surplus, jika kondisi semua pembangkit dalam keadaan baik-baik saja, pertanyaannya apakah keadaan pembangkit semuanya berfungsi?, Pemerintah daerah bersama DPRD harus turun tangan untuk duduk satu meja dengan pihak PLN untuk menyelesaikan permasalahan ini,dan PLN harus jujur mengenai kendala apa yg mereka hadapi,”pinta Reja.

Reja memaparkan Sumber energi untk pemenuhan listrik dipulau Belitung berasal dari

PLTU unit 1=16 MW
PLTU unit 2=16 MW
PLTD pilang=5 MW
PLTD padang=5 MW
PLTD CPO=5 MW
MPP PLTDG=25 MW
Biomas=2 MW
Total 74 MW

“beban puncak seluruh pulau Belitung 35-40 MW Inilah yg dikatakan PLN cabang belitung surplus. PLN jelas lebih banyak menggunakan PLTU dgn bahan bakar Batubara, dengan biaya produksi 600 rupiah per KW, pembangkit dgn menggunakan batu bara lebih banyak menghasilkan untung,pertanyaannya dari daerah mana batu bara itu dikirim dan sesuaikah kadar batu bara yg dipakai dgn speck mesin Pembangkit yg ada?, ini bisa dinvestigasi oleh aparat penegak hukum”,papar Reja

Lalu kenapa sampai terjadi pemadaman bergilir dgn pernyataan PLN bahwa belitung surplus listrik.PLTU unit 1 dan 2 mesin drop/operhol/boiler bermasalah.
MPP PLTDG belum maksimal
PLTD CPO tidak jalan
Jd yg diandalkan hanya PLTD pilang, PLTD padang dan biomas.

“Ketika masyarakat tidak punya uang buat isi pulsa listrik, listrik dirmh tidak bisa digunakan, PLN tidak pernah mau tau dari mana  masyarakat mendapatkan uang untk membeli pulsa listrik, semestinya masyarakat juga  tidak mau tau, apa kendala PLN, ada pulsa lustrik hidup, disamping itu ada lebih dari 10 triliun rupiah penyertaan modal negara ke PLN tahun 2019 dan ada 6,5 triliun ditahun 2020, belum lagi tahun tahun lainnya itu semua uang rakyat”tukas Reja.

Sementara itu Theo Maulana menjelaskan, banyak yang dirugikan dari pemadaman listrik ini, usaha rumah tangga, kecil dan menengah tidak bisa melakukan aktifitasnya.

“ini sudah termasuk kejadian luar biasa,banyak pihak dirugikan, pemerintah daerah dan DPRD Belitung dan DPRD Beltim kita minta untuk membentuk pansus,biar semua cepat terselesaikan,jika ada pihak yang bermain dan main mata dalam hal ini,aparat penegak hukum bisa bertindak,dan semua permasalahan bisa terseselaikan,mereka pemangku jabatan di pulau ini bersama PLN harus duduk bersama”,pinta Theo. ( Ali Hasmara )

Clickadu

Komentar


Warning: sizeof(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u4853462/public_html/wp-content/plugins/ad-injection/ad-injection.php on line 824

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u4853462/public_html/wp-content/plugins/ad-injection/ad-injection.php on line 831

News Feed