oleh

9 Negara Tertua di Dunia dan Sejarah Terbentuknya

-Dunia-4 views
Clickadu

Di dunia ini setidaknya terdapat lebih dari 200 negara dan masing – masing di antaranya memiliki sejarah di awal mula terbentuknya hingga menjadi sebuah negara. Diketahui jika pada awal terbentuknya suatu negara, sebagian besar bukanlah negara yang kita kenal saat ini. Sebagian besar negara tersebut berbentuk kerajaan atau daerah kekuasaan. Setiap negara tersebut memiliki perubahan dalam hal mengurus masalah politik, batasan – batasan dan struktur demografi wilayah yang berbeda di setiap zamannya. Namun, yang tidak berubah yaitu esensi dari keberadaban yang selalu ada sepanjang waktu.

Meskipun demikian, manusia telah ada sejak zaman dahulu kala. Sehingga tidak heran jika telah ditemukan peradaban manusia yang berasal dari ribuan tahun yang lalu. Ketika saat itu orang – orang nomadik memutuskan untuk bertahan di sebuah wilayah. Seiring berjalannya waktu, orang – orang itu membuat sebuah wilayah yang awal mula berbentuk desa hingga akhirnya menjadi sebuah negara.

Negara – negara tersebut tentunya masih bertahan hingga hari ini untuk terus ada. Dan beberapa di antaranya masih memegang adat dan kebudayan yang telah berlangsung selama beberapa ratus bahkan ribuan tahun yang lalu. Ada kemungkinan negara yang kita kenal hari ini sudah ada sejak zaman dahulu namun hanya bentuk kepemimpinan dan hukum saja yang berbeda. Nah, berikut ini daftar negara – negara tertua yang ada di dunia.

  1. Mesir

Negara yang terkenal dengan Piramida dan Patung Sphinx ini merupakan negara tertua di dunia. Pada awalnya, sekitar 6.000 tahun sebelum masehi terdapat sekelompok pemburu yang akhirnya memutuskan untuk menetap di sekitar lembah sungai Nil. Hal ini menjadi cikal bakal terbentuknya peradaban di Mesir. Menurut sejarah, dinasti Mesir bermula sekitar tahun 3.100 sebelum masehi. Mesir sendiri ditemukan oleh seorang raja yang bernama Raja Menes yang mempersatukan Mesir bawah dan Mesir atas menjadi sebuah kerajaan. Raja Menes menempatkan ibukota Mesir di Memphis, yaitu kota kuno dekat Kairo. Dinasti pertama merupakan dinasti yang terus ada untuk memimpin Mesir hingga 3 ribuan tahun sampai akhirnya dapat ditaklukan oleh Alexander Agung pada tahun 332 SM. Mesir modern ditemukan pada tahun 1953 setelah terjadi revolusi pada tahun 1952. (Baca: Kenampakan Buatan di Mesir)

  1. China (Tiongkok)

Dinasti pertama yang tercatat dalam sejarah mengatakan, jika China(Tiongkok) telah ada lebih dari 3.500 tahun yang lalu. Saat itu, dinasti Shang sudah memerintah sekitar abad ke 17 SM – abad ke 11 SM. Namun, China berubah menjadi negara modern sekitar tahun 221 SM. Tahun itu merupakan tahun dimana Qin Shi Huang memproklamirkan dirinya sebagai kaisar pertama di China.

Hingga abad ke 3 masehi, dinasti Han mempersatukan budaya China dengan tradisi. Namun, sekitar abad ke 13, bangsa Mongolia melakukan penyerangan terhadap China. Hal ini berdampak pada pengurangan populasi dan kebudayan di China. Pada tahun 1912, Dinasti Qing digulingkan selama masa revolusi. Dinasti China sendiri telah digulingkan akibat pemberontakan komunis oleh Mao Tse Tung pada tahun 1949. Pada tahun tersebut itulah awal mula dibentuknya Republik Rakyat China atau saat ini dikenal dengan Republik Rakyat Tiongkok. (Baca : Kota terpadat di Tiongkok)

  1. India

Peradaban India pertama kali ditemukan yaitu sekitar 10.000 tahun yang lalu. Awal mula keberadaban ini berada di lembah sungi Indus. Agama tertua di dunia seperti Hindu, Budha dan Jain berasal dari India. Sejarah mencatat jika India terkenal dengan sebutan Aryavarta, Hindustan, an Bharat. Kerajaan pertama di India sudah ada sekitar tahun 1.500 SM dan berakhir pada periode Vedik (sekitar tahun 600 SM). Bangsa Vedik merupakan bangsa pertama yang mendasari agama Hindu. Hingga akhirnya India menjadi sebuah negara modern yang dimerdekaan oleh Inggris pada tahun 1947. (Baca : Kota terpadat di India)

  1. Ethiopia

Negara Ethiopia merupakan negara yang mempunyai sejarah yang panjang sebagai negara tertua di dunia. Peradaban manusia telah berada di wilayah ini selama jutaan tahun. Kerajaan pertama di Ethiopia bernama D’mt yang telah ada sekitar tahun 980 SM. Masyarakat di kerajaan D’mt sudah melakukan kegiatan pertanian, pembuatan sistem irigasi, membangun lumbung, pembuatan alat – alat dari besi dan menggunakan bajak. Setelah kerajaan D’mt runtuh pada tahun 400 SM, kerajaan Aksumite muncul dan memimpin sekitar tahun 100 M – 940 M. Kerajaan ini dipimpin oleh Dinasti Zagwe dan dilanjutkan oleh Dinasti Solomonic. Hingga akhirnya Ethiopis menjadi negara monarki pada tahun 1974. Ethiopia merupakan satu satunya negara di Afrika yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa.

  1. Yunani

Negara Yunani modern pertama kali bermula pada tahun 1821 setelah terjadi revolusi Yunani. Namun, perkembangan peradaban di Yunani bermula sekitar 4.000 tahun yang lalu. Periode Yunani Archaic berawal sekitar tahun 800 SM atau setelah munculnya Masa Kegelapan. Di dalam periode ini, bangsa Yunani mengembangkan huruf yunani dan juga membuat cikal bakal awal terbentuknya institusi demokrasi. Sistem demokrasi sudah diperkenalkan sekitar tahun 508 SM.

  1. Jepang

Berdasarkan sejarah, kerajaan pertama di Jepang adalah kerajaan Jimmu. Kerajaan ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 660 SM. Raja Jimmu dipercaya jika dia merupakan keturunan dari dewa matahari yaitu Amaterasu dan memiliki dua keturunan yaitu Kojiki dan Nihon Shoki. Banyak yang percaya jika kerajaan pertama Jepang, Kerajaan Jimmu tidak memiliki bukti yang eksis yang membuktikan bahwa kerajaan itu pernah ada. Para peneliti masih belum yakin apakah benar jika kerajaan Jimmu adalah kerajaan pertama. Namun, peneliti yakin jika orang – orang tiba di Jepang sekitar tahun 13.000 SM. Dan kerajaan pertama yang tercatat dalam sejarah berada di periode Kofun (250 M – 538 M). Meskipun kerajaan Jimmu masih misteri, masyarakat Jepang merayakan hari nasional pada tanggal 11 Februari sama dengan munculnya kerajaan Jimmu.

  1. Iran (Persia)

Negara Iran Kuno saat itu lebih dikenal dengan sebutan Persia hingga tahun 1935 di dunia barat. Kerajaan ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 550 SM dibawah pimpinan Kekaisaran Achaemenid. Adalah Sang Agung Cyrus mendirikan kerajaan Persia. Kaisar Achaemenid memerintah kerajaan Persia hingga Alexander Agung datang untuk menaklukan kerajaan ini pada tahun 330 SM. Iran modern muncul pada tahun 1979 dengan diikuti oleh Revolusi Iran. Hal itu juga menandakan berakhirnya sistem monarki dan berdirinya Republik Islam.

  1. San Marino

Termasuk ke dalam negara terkecil di Eropa dan tertua di dunia, San Marino ditemukan untuk pertama kalinya pada tanggal 3 September  tahun 301 masehi dan terkenal dengan sebutan Republik San Marino oleh seorang tukang batu yang juga menjadi pendeta bernama Marinus. Dia pergi dari daerahnya (sekarang Kroasia) untuk menyelamatkan agamanya. Namun, Republik San Marino awal mulanya tidak diakui hingga pada akhirnya seorang pendeta datang  dan menakui Republik San Marino tahun 1631 masehi. Pendeta itu juga menjadi pemimpin politik di Itali. Konstitusi San Marino merupakan dokumen tertua yang ditulis pada tahun 1.600.

  1. Prancis

Negara Prancis yang kita kenal saat ini, berawal dari 1,8 juta tahun yang lalu. Wilayah ini ditempati oleh para Gaul selama periode besi. Hingga tahun 51 M, Kerajaan Roma datang menguasi wilayah ini hingga 500 tahun. Setelah itu, wilayah ini akhirnya dikuasai oleh Germanic Franks yang tiba pada tahun 476 M. Germanic Franks inilah yang mendirikan pertama kalinya kerajaan Prancis. Negara ini memiliki sejarah yang penuh dengan sistem feodal dan peperangan. Namun, seiring berjalannya waktu negara ini menjadi negara termodern di dunia.

Selain negara – negara di atas masih terdapat negara tertua di dunia yang lain, misalnya Bulgaria(tahun 632), Denmark(tahun 950), Portugal (tahun 1143), Andorra (1278) dan Swiss (tahun 1291). Sekian daftar negara – negara tertua di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat. ( Artikel ini telah tayang online di https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-tertua-di-dunia

Clickadu

Komentar

News Feed