oleh

HL Gunung Sepang Beltim Bagaikan Ladang Mafia Kayu

-Berita, Daerah-53 views
Clickadu

Beltim, Hutan Lindung Gunung Sepang, yang berada perkiraan dibelakang Dusun Liring, Air Ruak, Desa Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Belitung Timur itu terbilang masih memiliki hamparan luasan hutan yang memadai. Meskipun daerah sekitar terdapat beberapa bukit gundul dengan hamparan padang membentang namun daerah tersebut memiliki beragam jenis kayu. Termasuk kelas atau jenis kayu yang dilindungi seperti Nyato dan Belangiran.

Mirisnya, pantauan awak media Kamis (2/1/2020), dan beberapa rekan lainnya saat melewati jalan pegunungan gunung sepang tersebut terdapat banyak tumpukan tumpukan kayu olahan yang sudah menjadi kepingan baik berbentuk papan dan balok.

Bermacam jenis kayu tersebut diantaranya, kayu Meranti, Dungun, Belangiran, bahkan kayu berkelas seperti Belangiran dan Bulin (Nyato) ikut dibabat.

Seperti diutarakan salah satu pekerja pemanggul dilokasi yang identitasnya enggan untuk dipublikasikan menyebutkan, dirinya hanya sebatas kuli pekerja untuk menafkahi kebutuhan keluarganya sehari sehari.

“ Kami hanya pekerja pak, jaman sekarang pekerjaan susah apalagi cari uang”, ujarnya dengan nada lesu.

Saat ditanya jenis kayu yang diambil dirinya menuturkan, “ Bermacam macam pak, yang itu kayu jenis Bulin, dan yang ini kayu Dungun”, sebutnya sembari menunjukkan jenis kayu yang telah menjadi batangan Balok didampingi rekannya. 
Hingga berita ini dinaikkan belum ada keterangan resmi dari pihak terkait. (Marsidi)

Clickadu

Komentar

News Feed