oleh

Antisipasi Penyebaran Corona Desa Mentigi Rapat Kordinasi

-Berita, Daerah-29 views

Desa Mentigi Kecamatan Membalong mengadakan rapat koordinasi untuk mengantisipasi penyebaran covid19 diwilayah Desa Mentigi, dengan memanggil pihak perusahaan untuk menyikapi keberadaan pelabuhan bongkar muat hasil operasi tambang pasir yang ada di Desa Mentigi Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung.

Rapat kordinasi tersebut dihadiri oleh Kalpolsek membalong, Danramil membalong, Kepala Puskesmas  membalong, Camat Membalong, BPD Mentigi dan tokoh masyarakat Desa Mentigi serta hadir dari pihak perusahaan PT. Prima Bundiarta Nusa dan  CV.Sriyudi Alam Perkasa. senin, 30/03/2020

Ketua BPD Desa Mentigi Irwan mengatakan,” Mengingat masih ada nya aktivitas Abk yg sering naik kedaratan wilayah/lingkungan desa mentigi, padahal sebelumnya Desa telah menghimbau dengan melayangkan dua surat kepihak perusahaan dan pelayaran tersbut, dan pada hari ini Desa Mentigi¬† mengambil suatu langkah cepat dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 dari dua pelabuhan Bongkar muat hasil operasi perusahaan tambang pasir tersbut, mengingat kapal yang datang bersandar kepelabuhan adalah kapal yg datang dari zona merah yang telah terpapar covid19. maka langkah-langkah tersbut diambil oleh pemerintah desa dengan memanggil pihak perusahaan PT. PBN dan CV. SAP,” ungkap Irwan

” Dari hasil petermuan ini dapat disepakati bersama sebagai mana tertuang pada berita acara berikut:
Berita Acara Kesepakatan Bersama Untuk Mengantisipasi Penyebaran  Covid 19 Di Desa Mentigi Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung tanggal 30 Maret 2020 yang isinya sebagai Berikut :

1.Pihak Perusahaan wajib menyiapkan Kebutuhan  ABK Selama Perjalanan seperti air minum, makanan dan kebutuhan sehari-hari.
2. Pihak Perushaan wajib  melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri mamastikan ABK dalam keadaan sehat, jika ada yang sakit wajib untuk menginformasikan kepada pihak terkait.
3. Pihak Perusahaan wajib untuk menyediakan APD ( Alat Pelindung Diri ) seperti masker dan sarung tangan serta menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun, handsanitizer, dan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin minimal satu kali sehari.
4. Menganjurkan ABK untuk meningkatkan PHBS ( Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ).
5. Pihak Perusahaan wajib menjamin ABK tidak turun dari Kapal tanpa alasan apapun.
6. Jika ada ABK yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai hokum yang berlaku  dan kami akan memulangkan kapal tersebut ketempat asal.
7. Perusahaan wajib membuat posko disetiap pelabuhan dan petugasnya dibiayai oleh pihak Perusahaan tersebut.
8. Pihak Perusahaan wajib memberikan jadwa keterangan dan jumlah  ABK kepihak Desa.
9. Kapal hanya boleh merapat pada pukul 07.00 wib s/d 15.00 wib.

Ditandatangani oleh Camat Membalong,Kapolsek Membalong, Danramil Membalong, Puskesmas Membalong, Pj. Kepala Desa Mentigi, BPD Mentigi, Pihak Perusahaan yaitu PT. Prima Bundiarta Nusa, CV. Sriyudi Alam Perkasa dan Tokoh Masyarat, ” jelas Irwan ( Ali Hasmara )

Komentar

News Feed