oleh

Dibutuhkan Transparansi dan Keterbukaan Ungkap Kasus Dugaan Penyelewengan APBDes 2019 Selat Nasik

-Berita, Daerah-33 views
Clickadu

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Belati berikan komentar mengenai viralnya pemberitaan di media cetak dan elektronik tentang dugaan penyewengan dana APBDes tahun 2019 di Desa Selat Nasik 20/03/2020

Pembina LSM Belati Kasbiransyah (Biran) meminta pihak Inspektorat dan Kejari Belitung lebih tranparan dan berikan keterbukaan informasi ke publik mengenai pendalaman maupun penyelidikan masalah tersebut.

“Dalam penjelasannya ke media menurutnya tranparansi dan keterbukaan sangat penting, itu kan uang rakyat artinya rakyat harus mengetahui kemana dan digunakan untuk apa dana itu. Mengenai dugaan pelakunya siapapun yang terlibat harus mempertanggungjawabkan di meja hijau bila ditemukan unsur perdata dan pidananya,” tegasnya.

“Pintanya kepada masyarakat di Desa Selat Nasik, coba warga yang lainnya bicara juga ke publik, jangan lupa Dana Desa bantuan Pemerintah Pusat itu uang kalian, artinya dana itu harus diketahui publik peruntukan dan penggunaannya,” paparnya.

Sarannya kepada penegak hukum, lakukanlah penyelidikan yang transparan, dan bila ditemukan bukti permulaan yang cukup, segeralah ditingkatkan ke penyidikan atau penuntutan dan atau peradilan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang diatur dalam undang-undang, ” jelasnya.

Menurutnya “Bukan hanya masalah APBDes saja, coba Pemkab Belitung maupun penegak hukum lakukan investigasi masalah lainnya di Kecamatan Selat Nasik, misalkan dugaan jual beli Pulau Lima, Pulau Sekutai dan lainnya.”

Baru-baru ini saja LSM Belati mencium aroma adanya dugaan jual beli lahan ratusan hektar di Desa Suak Gual dan sekitarnya, “ajakannya agar masyarakat di Kec. Selat Nasik bantu berikan informasi ke Wartawan dan LSM untuk di ekspose, agar publik mengetahuinya dan penegak hukum dapat mensikapinya secara bijaksana,” harapnya.

“Jangan ada yang tutup mata mengenai masalah serius seperti itu, jangan sampai rakyat dirugikan oleh oknum tertentu untuk memperkaya diri sendiri maupun kelompoknya,” tutup Biran. (Tim)

Clickadu

Komentar

News Feed