oleh

Hasil Rapat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Belitung 27 maret 2020

-Berita, Daerah-36 views

maka diputuskan sebagai berikut:

1.Memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa-siswi sekolah dari tingkat PAUD sampai dengan SMP atau sederajatnya sampai waktu yang akan ditentukan dan diberitahukan kemudian dan akan dievaluasi kembali sesuai situasi dan kondisi.
2.Agar para kepala sekolah dan guru memastikan siswa siswinya masing masing tetap berada di rumah untuk belajar dan menjaga keseimbangan dengan relaksasi tubuh agar imunitas tetap terjaga.
Menerapkan pola hidup sehat dan bersih sesuai arahan surat sebelumnya.

3.A.Meminta perusahaan pelayaran terkait untuk mengurangi frekuensi pelayaran kapal penumpang express bahari rute pangkal balam ke Tanjungpandan menjadi dua kali perminggu dengan kewenangan penentuan hari dilakukan oleh operator dengan menyampaikan jadwal tersebut kepada pemerintah daerah dan instansi terkait.

B.Meminta perusahaan pelayaran untuk menghentikan sementara semua rute kapal laut yang mengangkut penumpang umum kecuali kapal kargo/barang/roro tanpa penumpang umum dari luar Belitung yang menuju Belitung.

4.A. Meminta perusahaan penerbangan untuk mengurangi frekuensi penerbangan pesawat dari Jakarta Ke Tanjung Pandan Belitung.
Dengan pengaturan jadwal dan nama maskapai disepakati secara terpisah dari surat ini dan diatur oleh operator masing masing dengan menyampaikan jadwalnya kepada pemerintah daerah dan instansi terkait.

B.Meminta perusahaan penerbangan untuk mengurangi frekuensi penerbangan pesawat dari pangkalpinang Ke Tanjung Pandan Belitung.
Dengan pengaturan jadwal dan nama maskapai disepakati secara terpisah dari surat ini dan diatur oleh operator masing masing dengan menyampaikan jadwalnya kepada pemerintah daerah dan instansi terkait.

5.Semua penumpang yang dimaksud dalam angka 3 dan 4 surat ini wajib melakukan pengisian formulir deklarasi kesehatan dan kesediaan swaisolasi diri sebelum meninggalkan terminal kedatangan dan wajib/harus mengikuti SOP yang telah ditetapkan oleh pihak Angkasa pura II maupun Pelindo.

6.Para penumpang sebagaimana dimaksud dalam angka 5 tersebut harus dan wajib melakukan swaisolasi dirinya selama 14 hari sejak kedatangannya di tempat tinggalnya masing masing sesuai alamat yang diisinya dalam formulir dan sewaktu waktu akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan dan aparat keamanan kecuali hanya untuk memeriksakan diri di pusat/pos deteksi dini corona pemda Belitung/Rsud H.Marsidi Judono/Fasilitas kesehatan lainnya.

7.Apabila penumpang tersebut melanggar proses tersebut dalam angka 6 maka akan dikenakan salah satu sanksi sebagai berikut:
A. Diisolasi di Rumah sakit rujukan corona di Kabupaten Belitung atau tempat lain yang ditunjuk oleh pemerintah.
B. Dikembalikan ke daerah/kota asal sebelum tiba di Belitung dengan biaya sendiri.

8.Agar masyarakat Kabupaten Belitung senantiasa disiplin, komitmen dan konsisten tetap berada di rumah apabila tidak ada kepentingan mendesak dan apabila terdapat kerumunan, kumpul warga di tempat umum maka pemda akan menindak tegas bersama aparat keamanan.

9.Tempat usaha yang melanggar waktu operasional melebihi pukul 20.00 wib setiap hari dan terbukti masih memberikan kesempatan kepada warga untuk berkumpul melebihi jam tersebut diatas akan dicabut ijin usahanya dan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

10.Agar masyarakat langsung kembali ke rumah masing masing setelah jam kerja berakhir dan menjaga kesehatan sesuai arahan pemerintah.

11.Agar semua perusahaan pelayaran atau perusahaan terkait dengan transportasi laut seperti kapal kargo, kapal hasil tambang, kapal perikanan /nelayan diwajibkan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat terhadap Nahkoda, ABK (Anak Buah Kapal) dan semua orang yang berada si kapal tersebut sesuai SOP, dan pekerja bongkar muat pelabuhan wajib membersihkan diri dengan cairan sanitizer sebelum meninggalkan area pelabuhan umum maupun pelabuhan khusus.

12.Semua kendaraan roda dua dan empat yang mengangkut penumpang sewa wajib disemprot cairan disinfektan sehabis mengantar penumpang dari bandara maupun pelabuhan laut.

Keputusan ini berlaku sampai ada surat edaran berikutnya yang akan dievaluasi sesuai perkembangan situasi dan kondisi serta sebelum masanya berakhir.

Demikian untuk dilaksanakan sebaik baiknya.

Komentar

News Feed