oleh

Hasil Pemeriksaan Spesimen 1 PDP Pasien 025 PDP/Pr/28 Tahun Hasilnya Negatif

-Berita, Daerah-42 views

RSUD H.Marsidi Judono
Rs rujukan covid 19 di Pulau Belitung BABEL
JUM’AT , 02 April 2020..PK. 15.30

Dr. Hendra  Direktur RSUD.H.Marsidi Judono.
Gugus tugas Covid 19 Kab. Belitung mengatakan,”    Salam Sehat dan  Terus semangaat perangi Covid19
Kamis malam, pusat biomedis kemenkes menyampaikan kembali hasil pemeriksaan swab tenggorokan kepada pemda Belitung dalam hal ini dinkes melalui RSUD dr. H. Marsidi Judono terkait hasil pemeriksaan laboratorium 1 spesimen pasen PDP yang.tersisa dimana pengirimanya bersamaan dgn cluster 034 covid-19 positif. Tanggal 26/3/2010
Hasil pemeriksaan spesimen 1 PDP  tersebut adalah:
1. Pasien 025 PDP/Pr/28 th…yang hasilnya NEGATIF,” ungkap Hendra

” Alhamdulillah dengan demikian 20 pasen yang swab tenggorokannya diikirim 19 negatif dan 1 positif artinya tidak bertambah jumlah   pasen positif covid-19  yaitu cluster  034 PDP yang kondisi kesehatan sampai hari ini terus mengalami peningkatan, perbaikan dan masih diisolasi ketat menunggu hasil pemeriksaan swab 2 kali berturut-turut negatif untuk dinyatakan sembuh.
Sampai saat ini kita juga masih.akan menunggu  hasil.sampel swab tenggorokan metode pcr dari 1 pasen ODP  dan 3 pasen OTG rapid test positif, dimana swabnya sudah kita ambil dan sore ini akan  dikiriim ke jakarta utk dilakukan pemeriksaan biomedis metode PCR
Sampai berita ini disusun RSMJ telah menangani  249 pasen terkait wabah corona dengan rincian 166 pasen OTG, 72 pasen 0DP, 10 pasen PDP dan  1 pasen comfirm positif covid-19. Terjadi perubahan difinisi operasional pada Buku Pedoman pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) per 27 maret 2020 sehingga kami adakan penyesuaian data yaitu status pasen OTG kepanjangan dari Orang Tanpa Gejala yg merupakan difinisi operasional untuk orang tidak bergejala dan memiliki resiko tertular dari pasen positif covid-19. OTG merupakan kontak erat dari pasen positif covid-19 yaitu seseorang yang melakukan kontak fisik  atau berada dalam ruangan atau berkunjung (dalam radius 1 meter dengan kasus PDP atau pasien  positif covid-19) dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan 14 hari setelah kasus timbul gejala. Mereka2 yg termasuk kontak erat adalah:
a. Petugas kesehatan yg memeriksa, merawat, mengantar dan membersihkan ruangan di tempat perawwtan khusus tanpa APD sesuai standar.
b. Orang yg dlm suatu runagan yg.sama dengan kasus (tempat kerja, kelas, rumah, acara besar) dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus.timbul gejala.
c. Orang yg berpergian bersama (radius 1 meter) dengan segala jenis alat angkut/kendaraan dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan 14 hari setelah kasus timbul grjala.
Pusat Deteksi dan Isolasi A Covid-19 sampai saat ini sudah melakukan pemeriksaan Rapid Test terhadap  183 pasen OTG, ODP maupun PDP  yang merupakan  kontak erat dgn cluster positif covid-19 034 dengan hasil 177 Non Reaktid dan 5 Non Reaktif non reaktif yang terdiri atas:
1. Pasien 44/Pr/19 Th
2. Pasien 138/Pr/44 Th
3. Pasien 139/Lk/25 Th
4. Pasien 140/Lk/32 Th
5. Pasien 211/Lk/34
Ada 2 OTG dengan hasil Rapid test  Reaktif  belum diambil swab PCR krn menunggu alat VTM yg terkendala dalam pengiriman karena terbatasnya penerbangan.
Himgga siang ini Ruang Isolasi A dan B RSUD sedang merawat  5 pasen terdiri atas 2 pasen PDP, 2 pasen ODP dan 1 pasen comfirm positif covid-19, untuk diketahui masyarakat bahwa pasen2 yang kami rawat semua dalam kondisi stabil dan perbaikan, kita berdoa secepatnya pasen2 tersebut bisa.sembuh dan dapat berkumpul ddgn keluarga tercinta.

Demikian disampaikan.
Agar masyarakat tetap waspada, jalankan terus instruksi pemerintah dan berdoa agar Belitung dapat melalui  bencana non alam ini dengan tidak banyak menimbulkan korban,” tegas Hendra ( AH )

Komentar

News Feed