oleh

Saran Dari Dokter dan Ahli Untuk Menggunakan PCR, Bangka Sudah Belitung Kapan ?

-Berita, Daerah-168 views

Belitung, Berbagai himbauan telah banyak diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Belitung sebagai upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Perlu kita pahami bersama hingga saat ini Pemkab Belitung masih belum menemukan langkah yang paling tepat antisipasi penyebaran wabah berbahaya itu.

Update terakhir bertambah satu lagi pasien positif virus Covid-19 di Belitung, ada 4 di Belitung dan total di Babel berjumlah 7 hingga saat ini, Minggu (19/4).

Diberbagai daerah di Indonesia telah banyak menggunakan teknologi PCR, tidak lagi dengan Rapid Test yang dinilai kurang akurat dari Dokter hingga Ahli. Dan di Pangkalpinang Prov. Babel telah hadir alat PCR itu, Sabtu Kemarin (18/4).

Pemerintah disarankan untuk menggunakan alat pemeriksaan berbasis PCR (Polymerase Chain Reaction), menurut para dokter dan ahli dinilai lebih akurat mendeteksi virus Covid-19 dan virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2. Seperti dilansir CNN Indonesia, Minggu (29/03/2020).

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto menduga “masih banyak kasus di tengah masyarakat yang belum terdeteksi. Kondisi ini menurutnya berpotensi meningkatkan penyebaran transmisi lokal sebab orang yang membawa virus tak cepat terdeteksi,” jelasnya.

“Itu sebabnya diperlukan metode pemeriksaan yang bisa lebih cepat mendeteksi virus corona,” tegasnya.

Senada diutarakan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Lia Gardenia Partakusuma, “setuju dengan dokter Agus, “seharusnya kita memang lebih cepat lagi untuk mengeluarkan suatu pemeriksaan laboratorium,” tutur Lia.

Penjelasan Plt Ketua Perwabel Jasman SE via WA kepada wartawan, Sabtu (19/4) sepertinya PCR dinilai lebih efektif dari rapid test yang selama ini digunakan tim gugus tugas penanggulangan Corona di Belitung. Apakah Pemkab Belitung akan mendengarkan saran dari dokter dan ahli untuk menggunakan PCR?

Saat ini di Pangkalpinang Prov. Babel telah mempersiapkan fasilitas laboratorium yang lengkap untuk test swab, yaitu sebuah alat PCR atau alat tes swab untuk Virus Corona. Tinggal nunggu kapan alat canggih itu hadir di Belitung?

Kemampuan alat PCR tersebut diperkirakan dapat mengeluarkan 1.000 hasil sampel dalam satu hari.

“Kami sangat yakin Pemkab Belitung sudah memikirkan dan mencari langkah yang paling tepat mecegah lebih dini sedini mungkin meluasnya virus Corona di Pulau Belitung, diantara penggunaan alat test virus Corona berbasis PCR tersebut,” pungkasnya.

Semoga yang terhormat Bapak Bupati Belitung Sahani Saleh bersama tim gugus tugas penanggulangan corona diberikan kesehatan, kekuatan dan kebesaran hati untuk menerima masukan dari kami, tutup Jasman.(Al)

Komentar

News Feed