oleh

Penjelasan Terkait Warga Terkonfirmasi I Positif Covid-19 Di Beltim

-Berita, Daerah-375 views

SIARAN PERS
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 09 Mei 2020
Berdasarkan keterangan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Babel, Andi Budi Prayitno, mengatakan hingga saat ini belum ada perubahan data secara nasional, terkait terkonfimasi positif tersebut belum bisa dipastikan karena GTPPC-19 Babel belum menerima data resmi dari GTPPC-19 Beltim.
“Sesuai data yang kami terima, hingga saat ini belum ada penambahan secara nasional, yakni masih 28 orang terkomfimasi positif, enam orang sembuh dan satu meninggal dunia,” kata Andi di Posko Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) GTPPC-19 Babel, Sabtu (9/5/2020).

Menurutnya, harus ada kesamaan data terkait Covid-19 mulai dari daerah, provinsi hingga nasional, sehingga ada keakuratan data.
“Jadi yang dinyatakan di media itu, bukan data resmi dari gugus tugas baik daerah, provinsi mau pun pusat,” jelas Andi Budi Prayitno.
“Nah, untuk pemberitaan di salah satu media itu, mereka menghubungi itu secara perorangan tidak melalui gugus tugas,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil konfirmasi melalui pesan singkat ke Wakil Bupati Beltim, Burhanuddin, menjelaskan pasien yang terindikasi positif Covid-19 tersebut, bukan warga Beltim. Tetapi, salah seorang pekerja asal Bekasi yang bekerja di salah satu perusahaan tambang pasir di daerah itu.
“Itu bukan warga Beltim, warga Bekasi tapi bekerja di perusahaan tambang pasir di sini,” jelas Burhanuddin.

Sedangkan, hasil konfirmasi dari Direktur RSUD Marsidi Judono, dr Hendra, mengatakan pasien beridentitas asal Bekasi ini, awalnya hendak membuat surat keterangan sehat dari rumah sakit.
“Nah, ketika pemeriksaan Rapid Test hasilnya reaktif, jadi langsung diisolasi hingga saat ini, sekarang ini kami masih menunggu hasil Swab dari pusat,” kata dr Hendra.

Diketahuinya satu warga yang terkomfirmasi positif Covid-19 asal Bekasi yang bekerja di Beltim, sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) setempat, pada tanggal 8 Mei 2020 sekitar pukul 21.30 wib telah didapat informasi dari jaringan terkait dengan Positif Covid-19.
Pasien atas nama OH (61) laki-laki, berstatus orang dalam pemantauan (ODP) yang ditemukan pada Jumat (3/4/2020) dan tanggal masuk rumah sakit sejak Rabu (29/4/2020) dengan Rapid Test hasilnya reaktif.

Oleh : Tim Humas/Media GTPPC-19
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Komentar

News Feed