oleh

PK KNPI Tanjungpandan, Ajak Masyarakat Ikut Awasi Dana Covid 19

-Berita, Daerah-250 views

Tanjungpandan-Pandemi virus corona masih belum juga usai. Kurang lebih sudah 4 bulan lamanya kita dihantui bayang-bayang virus yang cukup mematikan ini. Selain itu kehadiran virus ini bukan hanya merenggut nyawa manusia, tetapi berbagai sektor real kehidupan juga tak luput di luluh lantakkan oleh pandemik ini.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk menjaga kestabilan roda kehidupan dari berbagai sektor. Terbukti dengan adanya bantuan soal (bansos) untuk ribuan warga di daerah masing-masing.

M Ikhsan,ketua PK KNPI Tanjungpandan memaparkan,” bahwa pada, 17 Mei 2020. Sebagaimana telah di sampaikan oleh bapak Sekda Kabupaten Belitung, pemda menyiapkan dana sebanyak 28M untuk penanganan dan terdampak covid. Ditambah juga dengan dana pergeseran perjalanan dinas anggota dewan di kabupaten belitung sebanyak 3,1 M. Sehingga total ada 31,1M.

“Tentunya hal ini sangat disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Belitung dan sebagai generasi muda,kami juga sangat mengapresiasi perhatian pemerintah terhadap masyarakat. Karena dana tersebut akan di bagikan kepada 9561 warga terdampak civid 19 dengan jumlah paket sembako 250.000 selama 4 bulan kedepan dan juga untk penanganan covid di kabupaten ini,” papar Ihsan.

Ikhsan  menjelaskan dirinya selaku ketua PK KNPI Tanjungpandan, mengapresiasi perhatian pemerintah eksekutif dan legislatif,yang telah melakukan Refucusing anggaran APBD kabupaten Belitung dan juga anggaran pergeseran perjalanan dinas anggota DPRD kabupaten Belitung untk dialihkan dan di fokuskan ke penanganan covid 19 dan terdampak covid 19.

“Tentunya kami dari KNPI kecamatan Tanjungpandan ingin pemerintah memberikan informasi dan penjelasan secara terang benderang terkait penggunaan anggaran untuk Penanganan Covid ini dan terdampak covid,untk terdampak covid paket sembako 9.561×250.000×4 bulan=9.561.000.000,lalu sisa dari 31,1 M – 9.561.000.000= 21.539.000.000,digunakan untk apa,kami mohon pihak pemerintah menjelaskannya kepada masyarakat, Kami tidak ingin niat baik pemerintah dan para stake holder malah dimanfaatkan oleh oknum. Jangan sampai ada tangan jahil yang tega berbuat nista dalam kekalutan wabah covid ini,” jelasnya

Oleh karena itu , ihsan mengajak masyarakat  mengawasi penggunaan anggaran penanganan Covid 19 ini. Serta masyarakat berhak tau penggunaan anggaran penanganan covid ini untuk biaya apa saja dan operasional apa saja. Serta pemerintah wajib untuk melakukan keterbukaan informasi publik.

“kami mengajak masyarakat untuk secara bersama mengawasi penggunaan anggaran covid 19,kami juga meminta kepada DPRD untk lebih teliti dalam menjalani fungsinya sebagai pengawasan,kami juga berharap supaya yudikatif lebih pro dan aktif dalam rangka ikut serta dalam pengawasan penggunaan anggaran penanggulangan dan terdampak covid 19,” harap Ihksan ( Al )

Komentar

News Feed