oleh

Surat Terbuka Dari Teguh Trinanda, SH

-Berita, Daerah-41 views

Kepada Yth :
Ketua TGTPPC19 Kabupaten Belitung
Cq Seluruh Wakil Ketua

Setelah gagal membendung potensi tingkat penyebaran yang akhirnya tidak terkontrol seperti saat ini, Bahwa hanya berawal dari 2 pasien yang memiliki riwayat perjalanan dari Luar Negeri dan Jakarta harus menularkan ke 5 orang lainnya (mungkin akan bertambah) dalam waktu cepat akibat tidak di karantina pendatang.

Meski sudah kami usulkan, untuk Karantina Pendatang 14 Hari Berkali-kali ( tiga kali diusulkan secara resmi ).

Berikut ini melalui surat terbuka saja karena surat resmi juga percuma kalau tidak dilaksanakan, Kembali Kami usulkan sekaligus Kami ingatkan untuk disiplin menjalankan beberapa langkah yang semoga saja bisa dilakukan.

LANGKAH OPTIMAL DAN AMAN MENJALANI KONSEP NEW NORMAL DITENGAH PANDEMI COVID-19

(1.) Konsentrasi Penuh Untuk Perkuat Tim Kesehatan RSMJ, Kebutuhan APD dipenuhi, Fasilitas medis yang lengkap, Dokter spesialis, Terapi Plasma Darah, dan Hal-hal lain yang bisa membantu menyembuhkan pasien.

(2.) Para Medis Harus Dikarantina dan Diberikan tempat yang layak, Jangan dulu pulang kerumah. Untuk menghindari jika ada yang terpapar dan bisa saja menularkan ke keluarga dirumah.

(3.) Tracking Semua Kontak Erat tidak boleh ada yang terlewat, Karantina ODP Kontak Erat Dengan Pasien Positive sampai dinyatakan bebas Covid-19.

BERIKUTNYA JALANKAN SKENARIO PEMULIHAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT

Seluruh kegiatan sosial ekonomi Masyarakat bisa diijinkan kembali berjalan, tentu dengan tahapan dan dengan Penerapan Konsep New Normal atau Tatanan Baru dengan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan.

Apa itu Tatanan Baru atau New Normal sederhana saja :

1.) Disiplin menerapkan jaga jarak aman ( minimal 1-2 meter ) di seluruh aktifitas yang kembali berjalan dan tetap tidak berkerumun.

2.) Disiplin menggunakan masker, dan mencuci tangan / hand sanitizer serta tidak bersalaman/tidak jabat tangan.

3.) Disiplin dalam hal kebersihan, langsung mandi ketika pulang kerumah setelah beraktifitas seharian. Disiplin membersihkan semua perlengkapan pekerjaan.

4.) Jika kondisi tidak fit/flu sebaiknya istirahat dulu dirumah, Lindungi selalu orang tua dan anak-anak. Jaga asupan gizi dan biasakan untuk berjemur dipagi jari.

5.) Tidak menyentuh bagian permukaan benda yang sering dipegang, gunakan bagian tubuh lain tidak menggunakan tangan. Aktif melaporkan dan memeriksakan diri jika terjadi gejala Covid-19.

Perkuat peran kontrol sosial masyarakat menjadi tanggungjawab bersama, Libatkan semua element masyarakat untuk ikut aktif disiplin menerapkan menjakankan protokol kesehatan / tatanan baru di kehidupan.

Libatkan semua potensi relawan untuk ikut menjaga kedisiplinan, jangan hanya fokus melibatkan satu komunitas saja, walaupun komunitas lainnya tidak ikut kasih dana sumbangan ke PEMDA.

Yang terakhir Tetap Terapkan Konsep Wajib Karantina Bagi Pendatang 14 Hari seperti yang sudah kami usulkan atau Lakukan Semua Test SWAB bagi seluruh Pendatang sehingga masa karantina tidak sampai 14 Hari.

Gunakan dan Maksimalkan potensi Desa / Kelurahan untuk menyediakan fasilitas Karantina Wajib Bagi Pendatang seperti yang diterapkan di Desa Air Saga.

Tanjungpandan, Sabtu 30 Mei 2020.
Teguh Trinanda, SH.,
Ketua / Pendiri
Yayasan & Lembaga Bantuan Hukum
Melayu Rantau Nusantara
Narahubung : 087878288847 ( WA )

Komentar

News Feed