oleh

Pol PP Linmas Siap Laksanakan Tugas Pilkada Serentak 2020 Se-Indonesia

-Berita, Nasional-101 views

Jakarta -Rapat Kordinasi  (Rakor) Satpol PP mengenai pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dilakukan dengan  Video Conference menggunakan aplikasi Zoom. Dengan tema Kesiapan Satpol PP Menghadapi Pilkada Demokratis dan Aman Covid-19,  pada Hari Rabu tanggal 10 Juni 2020, Jam 14.00 WIB.

“Satpol PP siap dalam menghadapi tatanan baru, new normal,” ujar Dr R.M Arief Moelia Edie M.Si (Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat), mengenai Trantibum sebagai langkah Pencegahan Covid-19.

Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu. Dan kau akan memenangi seribu pertempuran, itu yang diajarkan Sun Tzu.  Maka, Satpol PP terus bekerja memberi penyadaran ke masyarakat dan seluruh anggotanya di Indonesia.

Bahwa cara penyebaran Covid-19 dapat melalui percikan lendir/droplet, kontak fisik langsung  atau melalui objek, aerosol (halus). ara pencegahan penularan sebagai, antara lain dengan menjaga kesehatan, mencuci tangan, hindari kontak fisik juga gunakan masker, hindari menyentuh mata, hidung & mulut.

Langkah-langkah yang telah dilakukan Satpol PP Dan Satlinmas Seluruh Indonesia, dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 sudah menjadi protokoler kesiapan dan giat.  “Kami selalu melakukan pemeriksaan awal suhu tubuh dan membagikan masker dan hand sanitizer,” ujar Arief M Edi, yang menegaskan, “Kami melakukan pendataan, pengawasan, pengawalan  terhadap masyarakat yang kembali ke daerah masing-masing.”

Tugas Satpol PP yang terus dijalankan, melakukan penutupan dan pembatasan jam operasi.  Memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuh protokol kesehatan yang telah ditetapkan, kemudian melakukan patroli siaga, himbauan dan penertiban ke berbagai kafe dan warung-warung kopi yang masih menjadi tempat berkumpul masyarakat.

Arief juga menekankan, anggota Satlinmas langsung terjun ke masyarakat untuk menyampaikan Kewaspadaan terhadap Penularan Virus Corona dan menerapkan PHBS.  Pendekatan secara persuasif kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegaiatn yang dapat mengakibatkan kerumunan.

Sosialisasi & Edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan Covid-19, termasuk himbauan serta penindakan bagi masyarakat, tempat usaha, maupun perkantoran yang masih melanggar melakukan aksi pengendalian bahan-bahan pokok, bahan penting dan kebutuhan lain masyarakat.

“Kami masih membantu  melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dan juga membantu proses pemakaman korban Covid-19,” ujar Arief yang menyebut peran Satpol PP dan Satlinmas dalam masyarakat, dalam sisi-sisi yang humanis.

Dalam konteks  menghadapi Pilkada Serentak 2020, Arief mengutip Surat Edaran Mendagri 331.1 /8368/SJ tanggal 23 Agustus 2019 perihal Peningkatan Kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas dalam Penyelenggaraan Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Kelibatan Dalam Rangkaian Pilkada Tahun 2020.

“Kami meningkatkan koordinasi dan integrasi secara vertikal  maupun horizontal bersama instansi terkait seperti KPU, Bawaslu,TNI,POLRI,Badan Kesbangpol,dan Forkopimda terkait lainnya,” tutur Arief M Edie, Direktur Satpol PP.

Satpol PP berperan dalam pembangunan daerah, antara lain menegakkan Perda dan peraturan pelaksanaannya, memelihara dan menyelenggarakan ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat, salah satunya dalam rangka melaksanakan penertiban terhadap pemasangan atribut kampanye, seperti alat peraga kampanye (APK).

Catatan tegasnya adalah, “Kami tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan seperti menggunakan masker, mencuci tangan setelah melakukan penertiban APK dan physical distancing.”

Satpol PP akan bekerjsama dengan Bawaslu sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Apabila terdapat laporan dari masyrakat mengenai APK yang harus ditindak, maka Satpol PP siap membantu menertibkannya.

Satpol PP dan Satlinmas, masih dalam penjelasan Arief, memiliki peran sangat vital dalam menjaga kondusifitas proses pemungutan suara dan Tempat Pemungutan Suara dalam proses Pilkada nanti.

Anggota Satlinmas merupakan ujung tombak bagi suksesnya pelaksanaan pemilu sehingga diharapkan dapat paham dan mengetahui tata cara pemungutan suara dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Edi mengatakan, anggota Satlinmas merupakan pamsung dari TPS  dan terdepan dalam melakukan pengamanan di TPS. “Pol PP dan Linmas menciptakan Konsep Negara Hadir untuk menjaga  keamanan ketertiban masyarakat dan menciptakan rasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Satlinmas membantu menjaga ketenteraman dan ketertiban umum guna mendukung kelancaran penyelenggaraan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020. POL PP dan Linmas tetap dapat menjaga Netralitas dalam Pilkada Serentak 2020.

“Anggota Satlinmas membantu tugas KPPS dalam mengawasi keluar masuknya pemilik hak suara,” ujar pria bertubuh tinggi tegap ini menyebut kesiiapan menghadapi “New Normal” untuk mendukung keberlangsungan kegiatan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat (trantibumlinmas) di lingkungan Pemerintah Daerah.

Untuk pengaturan pencegahan penularan Covid-19. Dalam hal ini, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan telah menyiapkan draft rancangan protokol trantibumlinmas dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Tim di seluruh Indonesia, patroli serta penjagaan dan pengawasan tempat-tempat umum.

Kemudian, Arief menjelaskan pasukan Satpol PP juga ada di titik pelaksanaan Check Point (bagi Daerah PSBB). Masih terus melakukan pembinaan dan sosialisasi, termasuk pengamanan dan pengawalan pimpinan. Juga pelaksanaan penegakan Perda/Perkada pemilihan wali kota dan wakil wali kota. (Sutan Batuah).

Komentar

News Feed