oleh

Polsek Gantung Beltim Dorong Semangat Petani Untuk Ketahanan Pangan Meskipun Pandemi Covid-19

-Berita, Daerah-186 views

Polres Beltim_ Menindak lanjuti perintah Kapolres Belitung Timur (Beltim), AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M,H, Kasat Binmas Iptu Hamdan dan Kapolsek Gantung, Iptu Wawan Suryadinata, SIK sambangi petani Dusun Nujau Desa Gantung, Kecamatan Gantung.

Saat kedatangan, Kasat Binmas dan Kapolsek Gantung, didampingi oleh Bhabinkamtibmas, Kades Gantung dan bekerjasama dengan Gapoktan melanjutkan program mendukung ketahanan pangan nasional dalam hal ini masyarakat yang bekerja sebagai petani (mengolah lahan persawahan).

Sebelumnya lahan pertanian sudah dilakukan pembajakan dan pengapuran satu minggu yang lalu oleh Kapolsek Gantung dan petani. Hari ini Kapolsek Gantung bersama personel Polsek Gantung dan Gapoktan Danau Nujau melakukan penanaman padi sistem Tabela (Tanam Benih Langsung).

Pada kegiatan tersebut, Kapolsek Gantung turun langsung ke areal persawahan untuk ikut membantu para petani melakukan penanaman padi. Hal tersbut dilakukan sebagai bentuk wujud perhatian, memberi semangat dan mendorong para petani untuk secara bersama tetap semangat untuk tetap mengusahakan persawahan sebagai fasilitas media untuk mencapai target ketahanan pangan nasional, meskipun saat ini kita masih dihadapkan dalam kondisi situasi pandemi Covid-19.

” Kami tau dan memahami apa yang menjadi kendala para petani saat ini, selain dari pada kendala air untuk pengaliran air, juga saat ini banyak hasil panen para petani hanya disimpan dan masih dalam bentuk gabah padi, belum mereka giling karena takut nanti padinya rusak,” ungkap Iptu Wawan Suryadinata, SIK.

” Hasil dari pantauan langsung kami, dan berbicara langsung dengan petani. Saat ini mereka terkendala untuk penjualan hasil panen dikarenakan situasi kondisi pandemi Covid-19, yang mana mempengaruhi pemasaran, daya jual dan daya beli masyarakat yang jauh melemah. Dikarenakan hal itu, atas perintah Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H, kami diperintahkan untuk menyerap aspirasi petani, membantu mereka secara langsung dilapangan dengan melibatkan pihak yang terkait untuk mendorong semangat dan memberi motivasi agar petani tetap optimis mengolah lahan pertanian mereka,” lanjut Iptu Wawan Suryadinata, SIK

Disamping dari pada hal itu, Kapolres Beltim akan mengusahakan untuk meringankan beban dan kendala para petani Danau Nujau, karena jika tidak adanya penjualan hasil panen, maka para petani akan menemui kendala yang lain, dalam hal ini modal untuk bercocok tanam (bibit, operasional, pupuk dan sebagainya), yang mana hal tersebut tentu membutuhkan modal. Penyampaian Kapolres Beltim kepada kami selaku tim yang diturunkan langsung kelapangan, Kapolres akan membeli sebagian dari hasil panen para pentani,” jelas Iptu Wawan Suryadinata, SIK

” Kami harapkan para petani tetap semangat untuk menjalankan pekerjaannya sebagai petani, guna kebutuhan bahan pokok makanan kita semua tetap tersedia, terlebih kami pinta kepada para petani untuk bersabar dalam menghadapi situasi kondisi pandemi Covid-19 yang mempengaruhi hasil jual panen mereka, dan semoga apa yang diusahakan oleh Kapolres Beltim setidaknya bisa meringankan dan membantu para petani agar kembali semangat untuk bercocok tanam,” pungkas Iptu Wawan Suryadinata, SIK. dv/syt/nnd( Sukardi/Ali )

Komentar

News Feed