oleh

Bhabinkamtibmas Desa Mentawak Cek Dan Pantau Kebun Ketahanan Pangan Kampung Tegep Mandiri

-Berita, Daerah-13 views

Polres Beltim_ Dalam rangka menumbuhkan kesadaran partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas, membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri serta menjalin kemitraan yang erat dengan semua kalangan dan menggugah potensi masyarakat. Merupakan salah satu tugas utama seorang Bhabinkamtibmas, tugas yang mulia tersebut tentu bukan hal mudah, selain harus didukung dengan SDM yang unggul baik secara pengetahuan dan penguasaan tugas, seorang Bhabinkamtibmas juga harus memiliki sikap yang mudah membaur, ramah dan humanis kepada siapapun terutama kepada warga Desa binaan dimana dia ditugaskan.

Selain dari pada Kegiatan Binmas Pionner yang menjadi unggulan dari Satuan Binmas, program ketahanan pangan juga menjadi atensi bagi para Bhabinkamtibmas, terutama dimana pandemi Covid-19 saat ini. Ketahanan pangan sangat diperlukan dan hal tersebut harus disadari oleh setiap lapisan masyarakat, jika pandemi Covid-19 ini terus berlangsung dan masih dalam waktu yang cukup lama, maka dengan ketahanan pangan yang ada di masing-masing Desa bisa menjadi sumber makanan pokok bagi warga Desa tersebut, artinya jika wabah Covid-19 justru semakin menjadi ancaman bagi lintas daerah, maka mau tidak mau, masing-masing daerah tersebut harus mampu mandiri, minimal untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan.

Terkait dalam hal pandemi Covid-19, untuk memberikan kesadaran serta dituntut harus mampu menangkan masyarakat dalam kondisi saat ini, Polri (Bhabinkamtibmas) wajib setiap saat dan kapanpun di butuhkan untuk warga Desa binaannya agar dengan hadirnya di tengah masyarakat memberikan rasa aman untuk mewujudkan situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif. Menjalin kemitraan, menjalin persaudaraan dan tentu Polri akan dirasakan lebih dekat dengan masyarakat. Hal tersebut harus dilakukan oleh seorang Bhabinkamtibmas secara intens.

Seperti yang dilakukan oleh Bripka Habibi, salah satu personel Polres Beltim yang bertugas di Kesatuan Polsek Kelapa Kampit melakukan pengecekan lahan ketahanan pangan di Desa Mentawak. Bripka Habibi yang keseharian tugasnya mempunyai tanggung jawab untuk membina warga Desa Mentawak, tentu harus piawai dalam menyampaikan pesan Kamtibmas, membina warga Desa binaannya dan harus dekat dengan warga Desa. Bripka Habibi sendiri bersama Pemerintahan Desa dan Babinsa telah mampu mengolah lahan yang di jadikan untuk ketahanan pangan yang mana Desa Mentawak Kec. Kelapa Kampit merupakan salah satu Desa yang menyatakan siap menghadapi pandemi Covid-19 dan menjadi Kampung Tegep Mandiri (KTM).

Lahan ketahanan pangan yang di garap oleh Pemerintah Desa Mentawak, Bripka Habibi dan Babinsa bersama warga telah dilaksanakan kurang lebih 2 bulan yang lalu, sejak Desa Mentawak menyatakan menjadi Desa Kampung Tegep Mandiri, lahan ketahanan pangan tersebut ditanami dengan tumbuhan yang bisa cepat panen seperti Terong, Kisik, Mentimun, Cabe dan Ubi. Hasil dari pengecekan dan pemantauan Bripka Habibi untuk tanaman Mentimun dan Cabe sebagian sudah bisa di panen. Sesuatu yang diusahakan dengan serius dan maksimal tentu akan mendapatkan hasil yang baik.

Lahan Lahan ketahanan pangan Desa Mentawak sudah menampakkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini menambah semangat dan motivasi bagi warga yang turut mengurus dan mengolah lahan tersebut. Diharapkan warga Desa yang lain dapat mencontoh hal yang sangat positif tersebut dengan menanam tumbuh-tumbuhan yang lain. Sehingga dengan adanya lahan ketahanan pangan yang beragam akan dapat saling bahu membahu memenuhi kebutuhan makanan di Desa tersebut. Menurut Bripka Habibi, terkait ketahanan pangan bukan hanya dari segi perkebunan saja, namun dari peternakan dan perikanan juga bisa di kembangkan. Tumbuh-tumbuhan yang ditanam diharapkan yang bisa cepat untuk bisa di nikmati hasilnya, tidak butuh waktu lama penanamannya dan perawatan yang tergolong mudah, sehingga juga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan warga. dv/nnd ( Sukardi/Ali )

Komentar

News Feed