oleh

Panduan LAPORS Layanan Pendampingan Orang Sakit ( Pasien Rujukan ) Belitung

-Berita, Daerah-17 views

Dari kami :
Komunitas Masyarakat Belitung Bersatu
[ Yayasan – LBH – BMT – Museum ]

Berikut ini Kami berbagi informasi sedikit, terkait alur atau mekanisme untuk pasien rujukan dari Pulau Belitong yang akan dirujuk ke berbagai RS di Jakarta.

Panduan Informasi ini, Khusus untuk Masyatakat Kabupaten Belitung.

1.) Pasien Rujukan / Keluarga bisa mengurus dokumen awal di Desa/Kelurahan terkait pembuatan SKTM ( Surat Keterangan Tidak Mampu ), Ingat!!! HANYA UNTUK Pasien Rujukan dari golongan yang kurang mampu. ( Pengantar awal dibuatkan oleh RT setempat ). Adapun Keterangan nya adalah Membuat Surat pengantar Pembuatan SKTM untuk keperluan pengobatan di Jakarta. Kemudian di Desa/Kelurahan Bisa langsung membuat surat pengantar dari Desa/Kelurahan yang langsung ditujukan ke lembaga Baznas Kabupaten Belitung & Lazismu Belitung untuk bantuan uang saku bagi yang kurang mampu. ( Tiga surat, satu SKTM umum yang akan dibawa ke Jakarta, satu ditujukan langsung ke BAZNAS KAB BELITUNG, satu lagi ditujukan ke LAZISMU KAB BELITUNG )

2.) Kemudian Mengurus Administrasi rujukan BPJS di RSMJ, Bantuan Mess Pemda untuk tempat tinggal di Jakarta, Bantuan tiket dari APBD/APBN khusus BPJS PBI, Bantuan Mobil Operasional, Bantuan Pendamping di Jajarta, Seluruh bantuan saat ini sudah di urus satu pintu di Loket SEHATI yang berada di RS MJ Tanjungpandan.

3.) SKTM dari Desa/Kelurahan bisa langsung diserahkan ke BAZNAS & LAZISMU atau bisa juga ke Lembaga Sosial Kemanusiaan / Secara Pribadi lainnya untuk pengajuan bantuan uang saku bagi yang tidak mampu.

4.) Pasien rujukan wajib didampingi minimal satu orang pendaming, dari Keluarga. Selama proses pengobatan rujukan di Jakarta tentu membutuhkan bantuan dari pendamping keluarga terdekat untuk mengurus administrasi dan lainnya.

5.) Proses pengobatan yang panjang tentu membutuhkan usaha yang konsisten dan terus menerus demi mendapatkan kesembuhan. Biaya kehidupan untuk makan minum, biaya transportasi dll tentu bisa saja membebani Pasien Rujukan & Keluarga. Rumah Singgah Pasien Rujukan dari IZI Inisitatif Zakat Indonesia ( Salemba & Slipi ) Memberikan layanan Rumah Singgah GRATIS Yang Layak + Makan + Transportasi Ambulance + Kegiatan rutin pengajian. Karena di mess PEMDA hanya bantuan tempat tinggal saja.

Teguh Trinanda
Pendiri & Ketua
Komunitas Masyarakat Belitung Bersatu
[ Yayasan – LBH – BMT – Museum ]
Narahubung : 087878288847 (WhatsApp)

Komentar

News Feed