oleh

Ekspor Perdana Ikan Kerapu Menuju Hongkong Dari Belitung

-Berita, Daerah-458 views

Pulau Belitung terkenal dengan wisata baharinya yang mendunia hingga mengundang turis Domestik hingga Mancanegara untuk berwisata. Tak banyak yang mengetahui dibalik potensi wisata bahari niyang mendunia, pulau Belitung juga turut andil dalam penyediaan bahan konsumsi dari sektor Perikanan. Keikutsertaan yang dimaksud tersebut adalah ekspor ikan kerapu konsumsi dari proses pembudidaya yang terkumpul dari pembudidaya ikan laut sekabupaten Belitung. Komoditas ini merupakan salah satu penyumbang ekspor kerapu konsumsi dunia di beberapa Negara salah satunya Hongkong.

Hongkong merupakan Negara tujuan utama ekspor Kerapu hidup di dunia, termasuk salah satunya Ikan Kerapu dari Indonesia. Data yang tercatat oleh BPS pada tahun 2018 menunjukan bahwa Negara yang menjadi tujuan ekspor dari Indonesia pada tahun 2017 adalah Hongkong dimana publikasinya menunjuka nilai sebesar 96,94% untuk volume ekspornya dan 97,37 % untuk volume ekspor terhadap Ikan Kerapu (BPS 2018).

Sabtu 11 Juli 2020, berangkat dari Pelabuhan Pegantungan menuju sentral pembudidayaan Ikan Kerapu Konsumsi Pulau Ruh Desa Pegantungan Kecamatan Badau bersama dengan ini Bupati Belitung Sahani Saleh didampingi Kepala Dinas Perikanan Firdaus Zamri beserta Kapala Bidang Perikanan Tangkap Ade Winarko dan Kepala Bidang Perikanan Budidaya Erwan Junandi. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Muhammad Iqbal, Perwakilan Bea dan Cukai, serta Wilker Karantina Ikan dan Pengawasan Mutu Tanjungpandan (Wilker KIPM) juga turut ikut pada kesempatan kali ini.

Dikunjungan kali ini rombongan datang menyaksikan proses ekspor perdana ikan kerapu menuju Hongkong dalam pandemi covid 19 ini. Ekspor kali ini memuat angkut ikan kerapu hidup sebanyak 15 Ton menggunakan Kapal Motor Cheung Kam Wah. Adapun komoditi jenis Ikan Kerapu yang diekspor pada kali ini adalah jenis Kerapu Cantang (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus), Ikan Kerapu Cantik (Epinephelus sp), Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) atau lebih dikenal dengan sebutan groupers. Nilai ekspor ini menggenapkan jumlah ekspor pada semester pertama tahun 2020 ini dengan total 30 ton. Berjalannya ekspor ikan kerapu ini oleh 149 pembudidaya ikan laut di Kabupaten Belitung. Sumber : Dinas Perikanan Kabupaten Belitung

Komentar

News Feed