oleh

Iptu Hamdan Supervisi Dan Asistensi Kampung Tegep Mandiri Desa Gantung

-Berita, Daerah-26 views

Polres Beltim_ Kasat Binmas Polres Belitung Timur Iptu Hamdan bersama personel Satuan Binmas melakukan kunjungan ke Desa Gantung Kec. Gantung Kabupaten Belitung Timur. Kunjungan Kasat Binmas disambut oleh Kades Gantung, Bhabinkamtibmas Desa Gantung, perangkat Desa dan tim posko relawan Covid-19. Kunjungan tersebtu bertujuan untuk melaksanakan supervisi dan asistensi program Kampung Tegep Mandiri (KTM) Desa Gantung yang telah terbentuk kurang lebih 2 Bulan. 

Iptu Hamdan mengatakan,” 3 tujuan dilaksanakannya supervisi dan asistensi program Kampung Tegep Mandiri tersebut adalah untuk mengetahui sudah sampai sejauh mana perkembangan dan manfaat bagi Desa tersebut. Manfaat tersebut tentu harus bisa dirasakan langsung bagi masyarakat yang tinggal di Desa dimana KTM di programkan. Hal positif yang bisa dirasakan oleh masyarakat adalah salah satu faktor bahwa KTM yang di bentuk telah mencapai terget dan tujuan.

KTM dibentuk berdasarkan untuk suatu Desa menyatakan siap siaga dalam hal persiapan menghadapi pandmei Covid-19 dan berbagai persoalan sosial yang timbul dikarenakan dampak dari pada Covid-19 serta kesiapan menghadapi adaptasi kebiasaan baru dimana warga Desa KTM bisa menerapkan pola hidup protokol kesehatan dengan benar.

“Dibentuknya Kampung Tegep Mandiri (KTM) disuatu Desa, diharapkan warga yang tinggal di Desa tersebut akan mempunyai kesadaran, kedisiplinan, kondisi siap dan mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada diakibatkan oleh dampak pandemi Covid-19”,”ujar Iptu Hamdan

Program KTM yang berawal dari salah satu inovasi Polri dengan nama “Kampung Tangguh Nusantara” dan dikembangkan dengan memberi nama sesuai dengan karakter dan bahasa daerah setempat agar mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat. Tujuannya tidak lain warga Desa tersebut secara bersama saling peduli, saling mengingatkan dan saling bahu membahu dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 dengan menerapkan kedisiplinan yang tinggi untuk menerapkan protokol kesehatan.

Supervisi dan asistensi yang dilaksanakan oleh Kasat Binmas terkait program Kampung Tegep Mandiri (KTM) meliputi pengecekan terhadap kelengkapan pendukung dalam bidang kesehatan, bidang Sosial ekonomi/ ketahanan pangan, bidang keamanan, bidang Informasi, Inovasi dan Kreativitas. KTM tersebut juga harus dipastikan jika salah satu warga terpapar, maka akan dengan segera bisa di atasi secara bersama dan warga yang lain turut membantu dengan cara sosial baik itu secara dukungan mental / moral juga memenuhi kebutuhan sehari-hari warga mereka yang terpapar selama menjalankan isolasi.

Selain dari pada itu Kasat Binmas juga cek dan kroscek kelengkapan fisik ruang isolasi mandiri Desa, ketahanan pangan, dokumentasi kegiatan serta administrasi pendukung setiap Bidang yang harus dilengkapi sesuai dengan pencapaian target materi penilaian. dv/nnd ( Sukardi/Ali )

Komentar

News Feed