oleh

Polres Beltim Sulap Motor Dinas Siaga Karhutla, Wabup Sangat Apresiasi

-Berita, Daerah-28 views

Polres Beltim_ Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, muncul kekhawatiran timbulnya bencana lainnya di Indonesia. Bencana itu berupa kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. Karhutla adalah singkatan dari kebakaran hutan dan lahan, yang mana kejadian tersebut sering terjadi di beberapa daerah di wilayah Indonesia.

Karhutla sering terjadi seperti di wilayah Riau, Kalimantan, dan Sumatera dan beberapa daerah yang terbilang hutannya masih cukup luas. Karhutla sendiri sangat mengganggu, selain bagi manusia dan beberapa sektor terutama transportasi udara, laut dan darat (penerbangan, transportasi darat dan kapal laut).

Karhutla yang menyebabkan bencana kabut asap yang mana bisa mencemari udara (polusi udara) yang cukup tinggi, selain bisa mengganggu kesehatan manusia juga berpengaruh yang menyebabkan terbatasnya jarak pandang.

Menyikapi antisipasi siap siaga karhutla, Polres Belitung Timur sulap motor dinas menjadi salah satu sarana upaya untuk quick respon memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Ide yang di prakarsai oleh Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H membuahkan hasil maksimal, pada saat peragaan dengan mengundang Wakil Bupati Kab. Beltim Drs. Burhanudin yang dilaksanakan di halaman Mapolres Beltim, tim siaga karhutla Polres Beltim berhasil unjuk kemampuan dengan memperagakan motor dinas yang sudah disulap, sehingga mampu menghasilkan tekanan air ketika di semprotkan cukup kencang dan jangkauan yang cukup jauh.

Seperti yang disampaikan Kapolres Beltim, kenapa motor dinas Polri yang disulap untuk sebagai fasilitas semprot air ketika terjadinya karhutla, karena dinilai motor bisa memasuki segala medan lokasi, motor juga mudah untuk di operasionalkan dan motor cukup memiliki tekanan yang tinggi untuk menghasilkan daya semprot air. Semakin motor tersebut di gas, maka semprotan air yang dihasilkan semakin kuat dan jauh, (ungkap Kapolres).

Wabup Kab. Beltim sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan Kapolres Beltim dan jajaran, yang sudah terdepan untuk peduli dengan kondisi wilayah Kab. Beltim, sudah siaga untuk gerak cepat tanggap jika terjadi karhutla. dv/nnd ( Sukardi/Ali )

Komentar

News Feed