oleh

Polres Beltim Tanam Mangrove 800 Bibibt, Peduli Kelangsungan Dan Kelestarian Lingkungan Pesisir Pantai

Polres Beltim_ Hari Mangrove Dunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli, diperingati oleh beberapa kalangan dengan melakukan aksi menanam bibit mangrove baik di aliran sungai maupun di pesisir pantai. Sebagai Institusi yang sudah seharusnya turut andil dan peduli dalam hal kelestarian lingkungan dan kelangsungan habitat yang hidup ditempat dimana banyak di tumbuhi pohon mangrove, Polres Belitung Timur yang di pimpin langsung oleh Kapolres AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H melakukan aksi peduli lingkungan pesisir pantai dalam memperingati hari Mangrove sedunia, (08/08/2020).

Aksi nyata Polres Beltim tanam bibit Mangrove kali ini memilih wilayah pesisir pantai yang mana setelah dilakukan pemantauan wilayah tersebut cukup dinilai gersang. Pantai Pering Kelapa Kampit menjadi pilihan tempat penanaman bibit Mangrove. Bibit yang dipersiapkan sebanyak 800 yang di tanam secara bersama. Pada saat penanaman yang dipimpin langsung oleh Kapolres Beltim dihadiri oleh Wakapolres Beltim, Camat Kelapa Kampit, Kadus Desa Mayang, PJU Polres Beltim, Kapolsek jajaran, tim Goes Ceria, Pesonel Polsek Kelapa Kampit, Polwan Polres Beltim dan Mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di Desa Mayang.

“Hal ini kami laksanakan sebagai wujud peduli kami dari Kesatuan Polres Beltim terhadap kelestarian dan kelangsungan hidup habitat yang biasa berkembang biak di lingkungan tumbuhan Mangrove”,ujar AKBP Jojo Sutarjo

“Setelah melakukan survey di beberapa tempat, kami memang sengaja memilih pesisir Pantai Pering. Kami menilai sekitar Pantai Pering yang cukup luas namun tampak gersang, sedangkan Pantai ini langsung berhubungan dengan laut, artinya jika nanti Mangrove sebanyak 800 bibit yang kami tanam hari ini bisa tumbuh dengan baik, tentu akan banyak habitat hewan yang bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi bagi manusia”,pungkas AKBP Jojo Sutarjo

Polres Beltim sendiri sudah melaksanakan penanaman bibit Mangrove di beberapa tempat di wilayah Kab. Beltim, seperti di Pantai Nyiur Melambai, Pantai Serdang, dan wilayah Dendang. Bahkan hal tersebut dilaksanakan setiap tahunnya. Polres Beltim juga mendukung program pariwisata yang di canangkan oleh Pemerintah Daerah yaitu wisata alam Mangrove. Mangrove sendiri sangat berguna untuk kelangsungan kelestarian alam, akar mangrove yang terkenal kokoh tentu mempunyai manfaat bagi manusia. Manfaat mangrove sendiri antara lain mencegah Intrusi Air Laut, Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai, Sebagai pencegah dan penyaring alami, Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa, Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

Kegiatan tersebut sekaligus memperingati “Hari Jadi Polwan Indonesia yang Ke-72 Tahun 2020” Polwan Siap Mewujudkan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif. Kita semua tentu harus peduli lingkungan dan kelestariannya dari sekarang untuk keberlangsungan kehidupan alam, jika bukan kita lalu siapa lagi, jika tidak dari sekarang, harus menunggu kapan lagi. dv/nnd (Sukardi/Ali )

Komentar

News Feed