oleh

Satuan Binmas Polres Beltim Cek Kelengkapan Atribut Dan Latih Keterampilan Satpam

-Berita, Daerah-14 views

Polres Beltim_ Satuan Pengamanan atau sering juga disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa Polisi tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian. Oleh karena itu, lembaga satuan pengamanan secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980.

Untuk jenjang pelatihan Satpam terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu :

Dasar (Gada Pratama), merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Materi pelatihan Interpersonal Skill, Etika Profesi, Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas, Bela Diri, Pengenalan Bahan Peledak, Barang Berharga dan Latihan Menembak, Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol, Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan.
Penyelia (Gada Madya), merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama. Lama pelatihan dua minggu dengan pola 160 jam pelajaran dan
Manajer Keamanan (Gada Utama), merupakan pelatihan yang boleh diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan. Pola 100 jam pelajaran.

Banyak lagi hal-hal yang menjadi aturan sampai dengan kelengkapan atribut sebagai Satpam. Namun hal-hal tersebut meskipun sudah menjadi ketetapan dan di ketahui seorang Satpam, namun terkadang jika tidak di lakukan pengecekan dan latihan bersama, hal-hal yang seharusnya menjadi suatu ketentuan terkadang di anggap sepele, apa lagi hal yang ada kaitannya dengan alat atau perlengkapan tugas yang digunakan untuk pelindung diri seorang Satpam ketika melaksanakan tugas.

Dipandang perlu untuk melakukan pembinaan fungsi, Satuan Binmas yang memegang peranan penting di Kepolisian sebagai pengawas dan pembina dari pada mitra keamanan kamtibmas Polri (Satpam) tersebut, harus secara berkesinambungan untuk dilaksanakannya pertemuan yang bertujuan untuk silahturahmi dan mempererat hubungan sebagai mitra keamanan. Untuk itu Satuan Binmas Polres Belitung Timur (Beltim) melakukan kunjungan dan pembinaan kepada Satpam PT.SWP.

Kegiatan pembinaan yang di pimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Belitung Timur Iptu Hamdan yang di dampingi anggota memberikan latihan keterampilan sebagai kemampuan untuk menunjang pelaksanaan tugas Satpam. Sebelum pelatihan, Kasat Binmas juga memberikan edukasi dan himbauan terkait masih masifnya pandemi Covid-19 baik di wilayah kita sendiri dan secara umum di seluruh Indonesia. Untuk itu meskipun tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab, kita tetap harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan,” ujar Iptu Hamdan

Untuk itu, langkah awal kita untuk mencegah dan sebagai antisipasi diri jangan sampai terpaparnya Covid-19, pada saat melakukan aktivitas kerja atau diluar rumah, disiplinkan diri untuk selalu gunakan masker, menjaga jarak aman 1,5 m, jangan dulu bersalaman dan sering mencuci tangan setelah menyentuh atau memegang sesuatu di tempat umum, (jelas Kasat Binmas).

Selama pelaksanaan pembinaan, pengecekan atribut dan latihan keterampilan pengamanan diri dilaksanakan sesuai dengan petunjuk protokol kesehatan. dv/nnd (Sukardi/Ali )

Komentar

News Feed