oleh

Satuan Binmas Polres Betim Gelar FGD Dengan Satpam PT. SWP

-Berita, Daerah-10 views

Polres Beltim_ Satuan pengaman dalam melaksanakan tugasnya baik secara beregu maupun perorangan, tentu dituntut memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya yaitu untuk memiliki kemampuan fisik yang prima, pribadi yang disiplin, tegas namun sopan, bijaksana, dan tanggap untuk kejadian yang terjadi di wilayah keamanannya. Bila terjadi keributan di wilayah keamanan seorang petugas satpam, itu juga menjadi tanggung jawab petugas satpam tersebut untuk menangani semaksimal mungkin, namun bila sudah diluar batas kemampuannya, maka harus langsung menghubungi Polisi. Seorang petugas Satpam juga harus memiliki kemampuan bela diri dasar dan kemampuan untuk dapat melumpuhkan dan menangkap penjahat/kriminal di wilayah tugas keamanannya.
Untuk menunjang performa dan keterampilan seorang Satpam tentu juga harus didukung dengan kelengkapan dan keterampilan yang memang sudah terlatih.

Seperti yang disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Belitung Timur Iptu Hamdan yang didampingi oleh personel Sat Binmas pada saat menggelar Focus Group Discussion (FGD) di PT. SWP menjelaskan, agar dapat menunjukkan kinerja efektif, seorang petugas Satpam perlu perlengkapan kerja :

Buku saku lapangan dan alat tulis untuk mencatat kegiatan, orang dan barang yang patut dicurigai
Senter untuk perondaan malam atau patroli di wilayah yang minim pencahayaan
Alat komunikasi menjalin komunikasi dengan petugas keamanan lain atau meminta bantuan ketika keadaan darurat (telepon seluler atau radio FRS/GMRS atau radio trunking)
Alat pelindung diri ketika bekerja di kawasan tertentu (safety helm, safety shoes, jas hujan)
Seragam atau pakaian dinas sesuai dengan regulasi yang berlaku, Pakaian Kerja Kantor (PDK) Pakaian Kerja Lapangan (PDL).
Alat bela diri Tongkat, borgol, dan perisai.

Pada saat berlangsungnya FGD juga diadakan tanya jawab atau dialog dua arah. Dalam hal ini memang Satpam dalam binaan Polri, oleh karena itu hubungan sebagai mitra kamtibmas harus tetap terjaga dan terus dibina. Kasat Binmas mengatakan akan melakukan kegiatan seperti ini secara rutin, tidak hanya kepada Satpam PT. SWP, seluruh badan usaha yang menggunakan jasa Satpam akan dilakukan pembinaan, meskipun Satpam itu sendiri sudah memahami tugas dan kewenangannya, namun untuk hal keterampilan terutama yang terkait keamanan diri perlu dilatih secara berkesinambungan agar ketika dalam kondisi dibutuhkan, seorang Satpam tidak ragu lagi tindakan seperti apa yang harus dilakukan,”pungkas. Iptu Hamdan dv/nnd ( Sukardi/Ali )

Komentar

News Feed