oleh

Bhabinkamtibmas Jajaran Polsek Gantung Gencarkan Slogan Wajib Gunakan Masker

Polres Beltim_ Masih dalam situasi pandemi covid-19 yang entah sampai kapan wabah ini akan berakhir, tidak ada yang dapat memprediksi kapan Indonesia akan betul-betul terbebas dari covid-19. Virus Corona yang memang sangat kecil dan tidak tampak di lihat dengan mata biasa, sudah mampu guncangkan dunia dengan penyebarannya yang sangat cepat dan begitu masif. Menyebarnya covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia kurang lebih sejak Maret 2020. Berbagai tindakan untuk pencegahan, antisipasi dan pengobatan langsung secara serentak di lakukan Pemerintah, dari Pemerintah pusat sampai tingkat terbawah sampai protokol kesehatan percepatan penanganan covid-19 pun di sebar luaskan sebagai edukasi kepada masyarakat secara luas.

Diharapkan dengan dikeluarkannya protokol kesehatan percepatan penanganan covid-19 akan mampu menekan penyebarannya. Namun dari informasi data resmi Pemerintah, masyarakat yang terpapar terus bertambah setiap harinya. Hal tersebut tentu bertolak ukur kembali pada kedisiplinan masyarakat untuk mengikuti atau taat serta menanamkan pada diri sendiri bahwa menerapkan protokol kesehatan adalah keperluan hidup saat menjalankan adaptasi kebiasaan baru. Dengan menerapkan protokol kesehatan seperti yang di himbau saat beraktivitas minimal dengan menjalankan 3 M (menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) diharapkan secara perlahan ekonomi masyarakat dapat kembali normal atau stabil. Beraktivitas secara normal, namun aman dari covid-19 dengan menerapkan 3 M.

Polri yang diberikan tugas sebagai salah satu Instansi yang mengawasi, menghimbau dan mengedukasi kepada masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan, masih melihat banyaknya masyarakat yang terkesan cuek dan menganggap biasa saja terhadap pandemi covid-19, sehingga aktivitas sehari-hari masih banyak ditemukan para pelanggar protokol kesehatan, dikarenakan salah satu faktornya merasa tidak pernah pergi keluar daerah, tidak pernah kontak dengan pasien covid-19 dan merasa baik-baik saja. Padahal meskipun kita tidak pernah pergi ke tempat lain, namun kita tidak tau banyak orang yang kita jumpai pada saat itu apakah dalam kondisi sehat dan tidak adanya gejala covid-19.

Terkait hal tersebut, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Gantung, terus turun ke masyarakat untuk sentuh langsung dan timbulkan kesadaran kepada masyarakat untuk disiplin dan taat pada protokol kesehatan. Bhabinkamtibmas Polsek Gantung gelorakan slogan “Wajib Gunakan Masker” saat di luar rumah. Diharapkan cara seperti ini dengan mengedukasi secara door to door akan lebih menyentuh dan menimbulkan kesadaran masyarakat secara luas bahwa 3 M itu penting untuk diterapkan dan menjadi kebutuhan hidup sehari-hari, (Jumat, 16/10/2020).

Seperti yang di ungkapkan Bhabinkamtibmas Desa Gantung Brigadir Friangga seizin Kapolsek Gantung Iptu Wawan Suryadinata, SIK saat dihubungi oleh pengemban humas Polres terkait kegiatan yang dilaksanakan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini memang sudah direncanakan secara door to door agar langsung menyentuh kepada masyarakat, dengan harapan cara seperti ini akan lebih menyentuh hati dan menimbulkan kesadaran bahwa 3 M itu bukan hanya untuk keselamatan dirinya sendiri saat seseorang menerapkannya, namun juga dia sudah peduli untuk orang lain.

“Kegiatan kali ini memang sengaja dilakukan secara door to door, dengan harapan lebih menyentuh ke hati. Banyak himbauan melalui media seperti spanduk, leaf let, dan sebagainya, namun sepertinya meskipun di baca oleh masyarakat secara luas belum begitu menyentuh dan terasa pelaksanaan dilapangan bahwa masyarakat sudah disiplin terhadap protokol kesehatan dan sadar bahwa hal tersebut sudah sepatutnya menjadi kebutuhan diri saat pandemi covid-19,” jelas Brigadir Friangga. dv/adn ( Sukardi/Ali )

Komentar

News Feed