oleh

Polres Belitung Timur Bentuk Tim Patroli Cyber, Gencar Cegah Hoax Jelang Pilkada 2020

Polres Beltim_ Manggar, Pilkada serentak tahun 2020 Kabupaten Belitung Timur yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020 sudah memasuki beberapa tahapan. terkait dalam hal pengamanan Polres Belitung Timur yang di pimpin oleh Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H telah mempersiapkan personil pengamanan yang siap mengawal dan mengawasi jalannya proses tahapan jelang Pilkada. Momen pesta demokrasi yang akan di gelar di beberapa daerah tentu mendapatkan perhatian khusus dari Polri selaku pihak yang menjaminkan keamanan yang kondusif.

Polres Belitung Timur tidak hanya melaksanakan pengamanan, serta pengawalan tapi juga melaksanakan pemantauan di dunia maya. Kita ketahui bersama penyebaran informasi paling cepat dan praktis adalah menggunakan fasilitas media sosial. Belajar dari Pilkada sebelumnya bahwa banyak indikasi adanya black campaign serta isue-isue politik yang tersebar didunia maya maupun media main stream.

Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H menjelaskan terkait Pilkada serentak di kabupaten Belitung Timur Provinsi Kep. Bangka Belitung “Terkait pelaksanaan Pilkada diwilayah Hukum Belitung Timur kami menghimbau kepada para pendukung bakal calon kepala daerah agar bijak bermedia sosial dan berkampanye, tidak melakukan black campaign ataupun politik identitas, demi mendapatkan suara, silahkan bersaing secara bermartabat” ungkap Kapolres

Saat ini Polres Belitung Timur telah membuat tim Patroli cyber dan juga ikut dalam satgas nusantara yang akan mengawasi pergerakan di media sosial maupun media mainstream yang beredar di wilayah Hukum Belitung Timur, patroli ini tidak hanya terkait Pilkada tapi juga terkait hoax serta Hate Speech didunia maya,” jelas Kapolres.

Tujuan dari patroli cyber ini bertujuan mencegah terjadinya black campign (Kampanye Hitam) maupun penyebaran Hoax serta isue sara yang digunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk membuat situasi kamtibmas agar tidak kondusif serta demi mencari keuntungan semata. Kami tidak akan segan-segan untuk menindak tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku jika kami temukan adanya penyebar Hoax yang di indikasikan memperkeruh suasana dan menggangu stabilitas Kamtibmas,”lanjutnya Kapolres

Kami juga dari Polres Belitung Timur akan melakukan tindakan pencegahan maupun penegakan hukum sebagaimana diatur didalam UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik apabila nantiya ditemukan pelanggaran hukum, silahkan bagi masyarakat untuk menggunakan media sosial, karena itu hak semua orang, namun jadilah bijak ketika menggunakan media sosial. Kami minta seluruh masyarakat bisa bekerja sama untuk mengawasi jalannya Pilkada dan informasi yang beredar, kami sangat terbuka untuk menerima informasi dari masyarakat terutama jika adanya pelaku penyebar Hoax,” pungkas Kapolres. dv/adn (Sukardi/Ali)

Komentar

News Feed