oleh

Polres Belitung Timur Prakarsai Silaturahmi Kamtibmas Pasca Pilkada Kab. Beltim

-Berita, Daerah-28 views

Polres Belitung Timur_ Hubungan masyarakat- Pilkada Kab. Beltim telah selesai dilaksanakan sepekan yang lalu, tepat di tanggal 09 Desember 2020. Melihat perkembangan situasi yang dinilai kondusif dan damai dari berbagai pihak, untuk itu dipandang perlu diadakannya silaturahmi kamtibmas. Acara yang dihadiri oleh Bupati Kab. Beltim, Ketua DPRD, Kapolres Beltim, Wakil Bupati Kab. Beltim, Dandim 0414 yang di wakilkan oleh Kaspim Belitung, Kepala Kejaksaan Negeri Beltim, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta para undangan lainnya yang hadir.

Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H memprakarsai “Silaturahmi Kamtibmas Pasca Pilkada Kab. Beltim 2020 bersama Forkopimda, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, dan Tokoh pemuda”. Silaturahmi yang dipersiapkan dalam tiga hari, mulai dari persiapan tempat, penyebaran undangan dan hal-hal yang diperlukan untuk suksesnya acara tersebut. Silaturahmi Kamtibmas dimaksudkan untuk secara bersama mensepakati bahwa pasca Pilkada Kab. Beltim semua elemen masyarakat menerima hasil keputusan suara pada saat pencoblosan.

Silaturahmi yang diadakan di gedung auditorium Zahari MZ tetap mengedepankan protokol kesehatan yang di awasi ketat oleh personil yang bertugas di pintu masuk ke gedung. Diawali dari mencuci tangan di tempat yang telah disediakan, pemeriksaan suhu badan dengan thermo gun oleh petugas kesehatan Polres Beltim dan didalam gedung masing-masing tempat duduk tetap di atur jarak.

Dalam kata sambutannya, Bupati Beltim Yuslih Ihza, SE mengatakan atas nama Pemerintah Kab. Beltim mengucapkan terima kasih kepada seluruh stake holder penyelenggara Pemilu atas pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur tahun 2020, dan kepada aparat keamanan baik TNI dan Polri yang telah mengamankan pelaksanaan Pilkada yang aman dan damai. Karena yang terpenting dalam kesuksesan pelaksanaan Pilkada adalah kesiap siagaan aparat keamanan dalam mengawal tahapan Pilkada tersebut.

Sedangkan Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H mengatakan kegiatan silaturahmi kamtibmas Polres Beltim bersama Tokoh agama, Tokoh masyarakat, dan Tokoh pemuda pasca Pilkada damai Kab. Beltim 2020. kegiatan ini juga dengan harapan dapat mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat khususnya di Kab. Belitung Timur. Pilkada selain amanat undang undang juga merupakan perwujudan demokrasi lokal di mana rakyat yang telah memenuhi persyaratan mempunyai hak konstitusional untuk memilih dan dipilih. Rakyat berdaulat menentukan pemimpin pemerintahan  secara langsung dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum, dan daya saing daerah, menurut asas otonomi seluas-luasnya, (ujar Kapolres).

Lanjutnya, sebagai institusi yang bertanggung jawab dalam hal pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum di wilayah hukum Kab. Belitung Timur, bahwa Polres Belitung Timur beserta jajarannya telah bersinergi dengan seluruh instansi Pemerintah serta dan seluruh elemen masyarakat Kab. Belitung Timur guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif khususnya selama pelaksanaan pilkada serentak  tahun  2020  dengan mengedepankan kegiatan deteksi dini, pre – emtif, preventif, pengamanan dan penyuluhan serta penegakan hukum terhadap segala hal yang dapat mengganggu situasi kamtibmas selama pelaksanaan pilkada, (jelas Kapolres).

Seluruh masyarakat bisa menjaga kedamaian sehingga tercipta kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif termasuk kondusif dari radikalisme, ujaran kebencian, serta hasutan-hasutan yang dapat memecah belah belitung timur sampai dengan tahapan pelantikan Bupati terpilih. Kita ketahui bersama bahwa Pilkada 2020 ini sangat berbeda pelaksanaanya dari Pilkada sebelumnya, karena Pilkada saat ini dilaksanakan dalam situasi pandemi covid – 19, selain harus mempersiapkan semua hal dalam mensukseskan Pilkada serentak ini, kita juga harus memikirkan solusi agar dalam pelaksanaan Pilkada ini tidak menjadi klaster baru  dalam penyebaran covid–19, (pungkas Kapolres).

Dari perwakilan FKUB Bapak Zulfaizin Mahmud menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Polres Beltim yang telah mengadakan acara seperti ini, sehingga kita bisa secara bersama menjalin silaturahmi dan memperkuat kesatuan dan kesatuan masyarakat dan beragama. Kepada pihak keamanan, ucapan terima kasih telah mengamankan jalannya Pilkada dengan aman, tertib, lancar dan damai. dv/adn ( Sukardi)

Komentar

News Feed