oleh

Polres Beltim Patroli Gabungan Dan Siagakan Personel, Amankan Malam Pergantian Tahun Baru 2021

-Berita, Daerah-26 views

Polres Belitung Timur_ Hubungan masyarakat- Mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19, sejumlah daerah mengambil kebijakan terkait perayaan malam pergantian tahun. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dipastikan perayaan tahun baru kali ini akan diwarnai sejumlah aturan karena Indonesia masih menghadapi pandemi covid-19 yang dinilai masih sangat masif penyebarannya. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan saat pergantian tahun, seperti pesta kembang api, panggung hiburan, dan lainnya, tidak akan diperbolehkan karena dapat menimbulkan kerumunan.

Wilayah Kabupaten Belitung Timur juga termasuk salah satu wilayah yang mentaati Maklumat Kapolri yang mana diperkuat dengan surat edaran Bupati untuk melarang diadakannya apapun bentuk acara menyambut pergantian tahun baru 2021. 

Polres Belitung Timur dibawah Kepemimpinan Kapolres AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H memerintahkan personel jajaran untuk tetap siaga mengamankan pergantian malam tahun baru. Melalui Kabag Ops Polres Beltim Kompol Erwan Yudha Perkasa, SH, SIK melaksanakan patroli gabungan dengan menggandeng Instansi terkait (TNI, Satuan Pol PP Kab. Beltim), selain untuk meninjau secara langsung aktifitas masyarakat menyambut malam pergantian tahun baru, juga untuk melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan, Kamis (31/12/2020).

Masih ditemukan adanya pelanggar protokol kesehatan yang tidak menggunakan masker, adanya kerumunan-kerumunan. Petugas patroli gabungan langsung memberikan himbauan dan meminta agar para pelanggar protokol kesehatan dan warga yang terlihat berkumpul segera kembali kekediaman masing-masing. Hal tersebut bukan tanpa alasan, selain telah adanya pembatasan waktu kegiatan aktifitas masyarakat, juga untuk mencegah adanya cluster lokal terbaru terkait covid-19.

Kita lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat, bukan artian kita membatasi hak-hak masyarakat untuk melakukan aktifitas dimalam pergantian tahun baru 2021. Kita harus solid agar Negara bisa segara pulih dari pandemi covid-19 dengan taat dan disiplin prokes. Untuk perayaan pergantian malam tahun baru sendiri sudah ada larangan yang dituangkan pada Maklumat Kapolri. Jadi kami meminta kepada masyarakat Kab. Beltim untuk bisa memaklumi dan mengerti terkait pelarangan tersebut, (ujar Kabag Ops).

Kita melakukan pantauan langsung dilapangan sampai dengan pukul 00.30 Wib, dan hasil dari patroli tersebut bisa dipastikan situasi Kab. Beltim secara umum dalam kondisi kondusif. Dari laporan Polsek jajaran yang kita terima, kegiatan tempat-tempat usaha seperti caffe atau tempat hiburan lainnya sudah mematuhi batasan waktu sesuai dengan surat edaran Bupati Kab. Beltim. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah patuh dan mengikuti himbauan yang telah disosialisasikan sebelumnya, (terang Kabag Ops).

Selain melaksanakan patroli gabungan, Polres Beltim juga memfloring personel di berbagai titik simpang jalan untuk melaksanakan pengaturan arus lalu lintas yang diperkirakan bisa terjadinya kemacetan jalan raya, termasuk di depan pusat perbelanjaan dan memantau batas waktu aktifitas yang telah ditentukan (pukul 22.00 wib). dv/adn ( Sukardi )

Komentar

News Feed