oleh

Wakil Gubernur, Kapolres Beltim Dan Forkopimda Pantau Langsung Pencoblosan Pilkada Kab. Beltim 2020

-Berita, Daerah-29 views

Polres Belitung Timur_ Hubungan masyarakat, Hari ini 09 Desember 2020, Kabupaten Belitung Timur melaksanakan dan menggelar pesta demokrasi Pilkada Serentak Bupati dan Wakil Bupati Kab. Beltim. Pencoblosan yang dilakukan oleh masyarakat dengan mendatangi TPS yang telah ditentukan sudah di gelar sejak pagi sekira pukul 07.00 Wib. Tentu Pilkada Kab. Beltim dijaminkan dalam kondisi aman dan terkendali dan hak suara masyarakat yang akan mencoblos di TPS dijaminkan bersifat bebas dan rahasia tanpa adanya tekanan dari pihak manapun yang mengharuskan memilih salah satu paslon.

Selaku pimpinan di jajaran Polres Belitung Timur dan selaku penanggung jawab penuh untuk keamanan wilayah, Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H tidak mau kecolongan dan menganggap remeh dengan situasi yang tampak sangat kondusif saat ini. Dari pagi Kapolres Beltim bersama Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, forkopimda sudah melakukan pemantauan secara langsung ke beberapa TPS seperti di TPS Desa Gantung, Desa Batu Penyu, Desa Lenggang, Desa Padang dan Desa Baru Manggar.

Bersama Dandim 0414 Belitung, Sekda Kab. Beltim, Kajari Belitung Timur, Danramil Manggar, Danpos AU, Danpos AL, Kapolres Beltim melihat secara langsung aktivitas masyarakat saat menggelar pesta demokrasi yang akan menentukan paslon mana yang akan terpilih sesuai dengan pilihan hati nurani masyarakat Kab. Beltim.

Kapolres menyatakan, kami dari jajaran Polres Belitung Timur dan Polsek menjaminkan kepada seluruh masyarakat Kab. Beltim terkait keamanan dan kebebasan masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya di TPS. Siapapun yang akan mencoba melakukan tindakan yang bisa menimbulkan ancaman kamtibmas, akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku, (ujar Kapolres).

Lanjutnya, ada beberapa langkah-langkah yang kami lakukan, mulai dari personil di bagi ke beberapa zona patroli secara maksimal dengan penanggung jawab pamatwil masing-masing zona, diberdayakannya Bhabinkamtibmas yang betul-betul melekat di Desa binaan masing-masing, menerjunkan personil sebanyak 209 orang yang siap mengamankan di TPS saat pencoblosan dan personil yang betul-betul mengawal ketat dan melekat kemanapun kotak suara dan surat suara saat dilakukan pergeseran.

Dalam pilkada kali ini, kita juga ketahui bersama, bahwa situasi saat ini tidak seperti pilkada tahun belakangan, karena kita melaksanakan pesta demokrasi di Kab. Beltim dalam suasana di tengah masa pandemi covid-19. Tentu pelaksanaan pencoblosan harus sangat memperhatikan penerapan protokol kesehatan, panitia pengawas penerapan prokes juga harus tegas dalam hal mengingatkan kepada masyarakat yang datang ke TPS seperti menggunakan masker, menjaga jarak saat antri di tenda TPS, dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam TPS untuk melakukan pencoblosan, (terang Kapolres).

Kami akan siap siaga 24 jam penuh selama tahapan pencoblosan dan perhitungan suara pilkada sampai kotak suara dan surat suara sudah di amankan di KPUD Kab. Beltim kembali dan dinyatakan kondusif, (pungkas Kapolres). adn/nnd ( Sukardi)

Komentar

News Feed