oleh

Jaga Warga Tetap Aman Dari Covid-19 Selama Pelaksanaan Ibadah Di Masjid Saat Ramadhan, Bhabinkamtibmas Desa Lalang Semprotkan Disinfektan

Polres Beltim_ Hubungan masyarakat- Umat Muslim di seluruh dunia saat ini sedang begembira karena memasuki bulan Ramadhan 1442 H. Dimana bulan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan tentu sangat di nanti-nanti bagi setiap Muslim yang selalu menjalankan ibadah puasa. Namun bulan Ramadhan kali ini kembali terasa berbeda seperti tahun sebelumnya, dimana Ramadhan kali ini masih dihadapkan situasi pandemi covid-19 yang masih sangat masif penyebarannya.

Dari data yang di update pada tanggal 13 April 2021, di Indonesia yang telah terkonfirmasi terpapar covid-19 sudah mencapai 1.577.526 orang. Dari sini dapat kita ketahui bahwa penyebaran virus ini sangat cepat. Untuk itu saat ini Pemerintah mengeluarkan anjuran 5 M untuk di ikuti dan di aplikasikan dalam aktivitas keseharian kita. Meskipun selama bulan Ramadhan, aktivitas ibadah di Masjid-masjid tidak ada pelarangan, namun semua pihak dan elemen masyarakat wajib saling mendukung dan peduli keselamatan serta kesehatan, dimana pelaksanaan ibadah di Masjid wajib dengan pengawasan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Ingin pelaksanaan ibadah di Masjid dan Surau yang ada di Desa Lalang tetap aman dari covid-19, Bripka Dimas Adriyanto mengajak Kades dan perangkat Desa menyemprotkan disinfektan sebagai salah satu langkah antisipasi dan memutuskan rantai covid-19, (Rabu, 14/04/2021). Untuk pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan, terkait penyemprotan disinfektan, akan tetap dilaksanakan secara berkesinambungan. Bhabinkamtibmas dan Pemerintah Desa Lalang sendiri terus melakukan himbauan dan pemantauan penerapan protokol kesehatan di Masjid ataupun Surau yang digunakan warga untuk melakukan aktivitas ibadah.

Sesuai dari hasil rapat koordinasi lintas sektoral jelang Ramadhan 1442 H, yang dilaksanakan di ruang vicon Polres Belitung Timur, seluruh BKM di Belitung Timur yang memastikan Masjid-masjid atau Surau yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas beribadah Ramadhan, agar menyediakan fasilitas atau sarana protokol kesehatan dan petugas yang ditunjuk di setiap Masjid agar tidak segan-segan untuk memberikan himbauan atau teguran kepada jamaah yang datang namun tidak menerapkan protokol kesehatan.

Seperti yang di ungkapkan oleh Bhabinkamtibmas Desa Lalang, “Kami bersama Kades dan perangkat Desa, terus melakukan pemantauan ke Masjid atau Surau yang digunakan masyarakat dalam menjalankan aktivitas ibadah Ramadhan agar secara ketat dapat menerapkan protokol kesehatan. Semua warga kami himbau agar disiplin mentaati protokol kesehatan. Kami juga menghimbau kepada warga dan petugas BKM untuk saling peduli agar supaya kita semua aman, sehat dan selamat dari covid-19 dan tidak adanya kluster baru dari Masjid atau Surau tempat dilaksanakannya ibadah”, (ujar Bripka Dimas). syt/nnb ( Sukardi)

Komentar

News Feed