oleh

Mencari Formulasi Agar Perempuan Partai Politik Bisa Sejajar Dengan laki-laki Yang Ada Di Parlemen

-Berita, Daerah-22 views

BELITUNG. Budaya politik yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam peran kepemimpinan politik (patriarki) di dalam masyarakat dan parpol serta berbagai hambatan yang muncul dari dalam diri perempuan sendiri mendorong aktivis perempuan dari berbagai macam parpol untuk membentuk Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) yang fokus kerjanya adalah pemberdayaan politik perempuan dan mendorong 30% keterwakilan perempuan di lembaga politik dan partai politik serta meningkatkan kapasitas politik dan legislasi anggota anggotanya.

Zubaidah Ketua DPD Kauskus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Babel dalam kunjungan dan silaturahminya ke Dewan Pimpinan Cabang KPPI Kabupaten Belitung, pada Senin (8/3/2022) mengatakan bahwa kunjungannya ke Belitung dan Belitung Timur kali ini bermaksud akan melaksanakan Musyawarah Cabang Luar Biasa (MUSCABLUB)

Dalam keterangan persnya di sebuah rumah makan di Tanjung Pendam Zubaidah menjelaskan Kepada wartawan misi dan visi KPPI,” visi misi KPPI sesuai dengan AD/ART, sampai saat ini belum ada perubahan, Yang utamanya adalah bagaimana perempuan politik yang duduk di Partainya bisa berkontribusi kepada masyarakat lewat parlemen, dan di KPPI itu mereka kami didik bagaimana berpolitik yang sehat, beretika dan bermoral, jadi berpolitik disini dalam tanda kutip org berfikir ini ranahnya laki laki bukan perempuan disinilah lahirnya KPPI itu sendiri dari aktivis -aktivis partai politik yg ada di jakarta untuk membangun sinergitas antara pengurus partai politik yang ada di masing masing partai bersatu bagaimana mencari formulasi agar perempuan partai politik itu bisa sejajar dengan laki-laki yang ada di parlemen, maka lahirlah waktu itu peraturan pemerintah untuk keterwakilan perempuan 30 persen dan itu kami yang berjuang.”jelasnya

” Kegiatan KPPI banyak dan bukan hanya belajar politik saja, tapi juga bagaimana strategi kita dalam berhadapan dengan masyarakat, baik kegiatan kegiatan sosial seperti bantuan saat ada bencana , ada permasalahan sosial orang perlu keadilan, atau misalnya dia dicurangi partainya kita bisa membantunya lewat jalur politik, bahkan kita bisa merekomendasikan anggota partai perempuan yang berpotensi dari para pengurus partai untuk mewakili partainya.

Di tempat berbeda Seketaris DPC KPPI Kabupaten Belitung Vatriani mewakili Ketua DPC KPPI Kabupaten Belitung Elizadiarti menyampaikan bahwa kunjungan Ketua DPD KPPI Provinsi Zubaidah dalam rangka silaturahmi ke Kabupaten Belitung dan Belitung timur dan juga melakukan konsilidasi saling betukar pendapat ide dan saran yang sederhana.

“KPPI ini adalah wadah untuk perwakilan perempuan yang bisa berkerja sama dan melahirkan yang ada di parlemen itu walaupun, saat ini hanya ada 2 kursi Legeslatif perempuan tapi kami tidak mengurangi semangat dan tetap berdiri tegak dan terus berjuang itu tujuan kita di KPPI ini.”jelas Vitriani.

Adapun Program program yang kami atur nantinya salah satu pendekatan kita kepada para perempuan mengajak untuk berpolotik dengan cara cara melakukan yang positif.

“Kami akan merangkul ibu ibu dan juga pendekatan kepada masyarakat untuk bagaimana cara kita berpolitik juga akan memberikan pandangan yang positif,sehat, serta moral dan beretika dengan baik .”Kata Sekretaris DPC KPPI Belitung

Dirinya berharap kedepan, kawan kawan yang telah tergabung di KPPI Belitung juga Belitung timur mari bersama–sama berjuang dan membesarkan nama partainya masing–masing, karna KPPI hanya wadah bukan partai, intinya kita saling mendukung dan bersatu jangan pernah kita terpecah belah. Tekatkan jiwa dan semangat serta niat kita, semoga ditahun yang akan datang nantinya KPPI Kab. Belitung dan KPPI Kab. Belitung Timur berjaya. ”Pungkasnya. ( Marjono )

Komentar

News Feed